Ford Rilis Mobil Pintar Sekaligus Gahar, The All New Mustang 2015

Apa jadinya jika mobil pintar yang memiliki segudang fitur konektivitas dengan perangkat mobile digabungkan dengan mobil yang memiliki spek mesin gahar khas “American Muscle Car”?

Jawabannya jelas ada pada The All New Ford Mustang 2015. Diluncurkan di perhelatan Computex 2014 di Taipei pada (3/5) kemarin, mobil yang menjadi flagship kebanggan Ford selama 50 tahun ini menjadi kali pertama mobil yang tak hanya pintar, namun juga sangar dalam performa mesin.

Sama seperti tahun lalu, dalam ajang exhibition Computex yang rutin diadakan tiap tahun, Ford kembali mengingatkan kepada pecinta mobil sekaligus teknologi perangkat mobile terkini akan teknologi canggih yang disematkan dalam setiap head unit mobil yakni teknologi SYNC. Dalam All New Ford Mustang, teknologi SYNC menjadi salah satu fitur andalan yang akan bersandingan langsung dengan raungan mesin Ford Mustang yang legendaris.

Pihak Ford mengklaim hingga saat ini All New Ford Mustang menjadi satu-satunya mobil kencang yang memiliki kemampuan pintar dengan sinkronisasi perangkat mobile di dalamnya. “All New Ford Mustang telah menggabungkan sejumlah teknologi terkini yang sama sekali belum pernah dilakukan pada lineup Mustang sebelumnya,” ujar Trevor Worthington Vice President Product Development Ford Asia Pacific.

Ia menambahkan, di sela acara peluncuran, All New Ford Mustang mampu meningkatkan pengalaman mengendarai mesin klasik Mustang yang dikombinasikan dengan teknologi informasi terkini yang dihadirkan oleh teknologi SYNC. “All New Ford Mustang bisa meningkatkan aspek pengalaman berkendara, dengan SYNC yang kami tanamkan dalam Mustang, Anda bisa melakukan semua hal mulai dari memilih musik kesukaan, mengoptimalkan mobil, memindai kondisi jalan, hingga memberikan informasi lain  yang bermanfaat bagi pengemudi, semua bisa dilakukan dengan teknologi SYNC,” tambahnya.

 

Info menarik: Lian Li Ciptakan ‘Meja Komputer’ High-end Untuk Pengguna PC Paling Antusias

 

Teknologi SYNC sendiri merupakan teknologi yang dipersembahkan Ford dengan dukungan tim pengembang Microsoft yang memungkinkan pengemudi untuk mengendalikan seluruh sistem navigasi dari konsol yang terdapat dalam mobil sehingga pengemudi bisa melakukan seluruh perintah mulai dari memainkan playlist lagu, hingga menerima dan melakukan panggilan telepon dengan hanya melalui perintah suara.

Cara kerja SYNC didasari dari konektivitas perangkat smartphone ke dalam kendaraan yang bisa menjalankan seluruh perintah dari aplikasi yang terdapat di dalam smartphone dengan bantuan teknologi yang juga dikembangkan Ford yakni AppLink 2.0. (Baca juga: Ford rilis AppLink 2.0 untuk pasar Asia Pasifik).

Di atas kertas, All New Ford Mustang memiliki dua tipe mesin yang disesuaikan untuk kebutuhan. Jika ingin merasakan Mustang dengan konsumsi bensin yang ekonomis, Ford menyediakan Mustang dengan spek 2.3 L yang dipadu dengan teknologi Ford EcoBoost. Lalu, jika ingin merasakan citarasa “American Muscle Car” yang sesungguhnya, Ford juga menghadirkan Mustang dengan mesin 5.0 L dengan komparasi mesin V8.

Di luar keganasan mesin dan teknologi SYNC yang ada, All New Ford Mustang juga memiliki segudang fitur terkini yaitu Blind Spot Information System, Adaptive Cruise Control, Intelligent Access with push button start, Track Apps, Launch Control, serta fitur MyKey.

Menariknya, fitur MyKey merupakan fitur yang memberikan bagi orang tua dalam memberikan sistem pengamanan dini bagi pengendara muda untuk menyesuaikan Mustang ke dalam kondisi tertentu seperti pengaturan batas kecepatan, batas volume audio, peringatan untuk memasang sabuk pengaman, dan juga peringatan dini akan level bahan bakar yang sudah di bawah batas.

The All New Ford Mustang rencananya akan segera hadir pada tahun 2015 mendatang. Belum ada keterangan pasti apakah ATPM Ford Indonesia akan membawa masuk mobil ini ke Indonesia, namun dikonfirmasi mobil gahar ini akan segera berada di pasaran Asia Pasifik di tahun tersebut.