Categories

Gadget

Forerunner 920XT Ialah Smartwatch-nya Olahragawan Sejati

Yoga Wisesa - 9 February 2015

Tak semua device membuat kita malas dan hidup serba instan. Berkat teknologi, kini kita lebih mudah menakar kebutuhan tubuh, serta mendorong gaya hidup sehat. Smartband akan membantu kita dalam berolahraga, tapi sejauh ini wearable hanya mendukung beberapa jenis aktivitas fisik tertentu saja. Dan Garmin mencoba menerobos batasan itu dengan produk baru.

Merupakan salah satu device teranyar di seri Forerunner, Forerunner 920XT sebenarnya telah diumumkan sejak bulan Oktober 2014. Ia adalah sebuah smartwatch yang dirancang khusus bagi atlet, melewati standar kemampuan fitness tracker biasa. Smartwatch tersebut sangat kuat dan canggih, dipadu sistem GPS khas Garmin. Sang produsen menyebut 920XT sebagai ‘perangkat pemandu para veteran dan amatir’.

Forerunner 920XT dapat berperan untuk menyederhanakan akses ke handset: menyajikan notifikasi email, pesan dan panggilan masuk, hingga pengingat. Tapi bukan untuk ini saja ia dibuat. Fungsi utama Forerunner 920XT ialah menyuguhkan data serta informasi lengkap ketika Anda bersepeda, berlari serta berenang. Wearable device tersebut dibekali fitur-fitur berguna, mampu mengukur langkah, waktu tidur dan pembakaran kalori.

Desainnya cukup apik, dan dibuat agar lebih ringan dibanding pendahulunya, 910XT. Terdapat layar HD, strap berengsel yang fleksibel, tak lupa ada mode jam tangan – artinya kita bisa mengenakannya sehari-hari seperti arloji lain. Meski 920XT sangat fungsional saat digunakan di darat, Anda akan mengapresiasi fitur olahraga bawah airnya.

 

Info menarik: Garmin Rilis Tiga Smartwatch Baru di CES 2015

 

Baik di kolam renang maupun laut lepas, Forerunner 920XT bisa menangkap data metric berenang, termasuk jarak yang ditempuh, banyak gerakan, hingga kecepatan. Dengan begitu, sangat mudah bagi kita untuk memacu performa fisik demi mencatat rekor baru. Terdapat fitur timer waktu istirahat supaya Anda tidak terlalu bersantai-santai. Ia langsung mengingatkan seandainya target telah terpenuhi, plus notifikasi total pembakaran kalori.

920XT kompatibel ke beragam sensor – detak jantung, irama, serta kecepatan – juga bisa dipasangkan ke power meter ANT+. Fitur menarik lainnya ialah VO2 Max Estimator, tugasnya mengkalkulasi daya tubuh dalam mentransport dan menggunakan oksigen saat latihan. Anda memerlukan aksesoris Heart Rate Monitor, dan sebelumnya harus berlari minimal selama 10 menit.

Mengingat dispesialisasikan untuk atlet, Forerunner 920XT tak boleh dikategorikan sebagai smartwatch standar. Ia adalah device serius, bagi mereka yang serius berlatih. Harganya dibanderol US$ 450, atau US$ 500 dengan bundel Heart Rate Monitor.

Sumber: Garmin.com.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter