7 August 2018

by Lukman Azis

Fossil Luncurkan Smartwatch Q Venture dan Q Explorist Generasi Keempat

Smartwatch Fossil generasi keempat, keduanya dibanderol dengan harga yang sama yakni Rp3 jutaan

Pilihan smartwatch yang ada di pasaran sudah beragam sekali ya. Karena tak cuma dihadirkan oleh perusahaan teknologi saja, perusahaan jam tangan mewah juga sudah terjun menghadirkan aneka ragam bentuk smartwatch premium.

Salah satunya Fossil, mereka baru saja memperkenalkan smartwatch berbasis OS Android Wear generasi keempat miliknya yaitu seri Fossil Q Venture HR dan Q Explorist HR dengan desain klasik tapi berteknologi modern.

Perbedaan utama keduanya ialah ukurannya - Q Venture HR berdiameter 40mm dengan band interchangeable berukuran lebih kecil yakni 18mm, sementara Q Explorist HR berdiameter 45mm dengan band 22mm.

Soal fitur dan spesifikasi, keduanya cukup identik - keduanya dibekali sensor detak jantung, GPS, NFC, dan swimproof  dengan sertifikasi 3 ATM. Fitur lainnya seperti memori internal 4GB, di mana Anda bisa menyimpan musik offline dan lainnya. Lalu, konektivitas Bluetooth 4.1 low energy, WiFi b/g/n, dan daya tahan baterai yang diklaim tahan sepanjang hari.

Terlepas dari sebuah fashion, penggunaan smartwatch tentunya memiliki lebih banyak manfaat ya dibanding jam tangan analog. Terutama fitur fitness tracker yang membantu penggunanya tetap bugar.

Smartwatch juga terhubung dengan smartphone, di mana notifikasi yang masuk bisa langsung diketahui dan dibaca. Tapi semakin canggih sebuah smartwatch, biasanya daya tahan baterainya sangat buruk - cukup repot juga ya kalau harus charge smartphone dan juga smartwatch bersamaan setiap hari.

Terakhir untuk harga, smartwatch Fossil Q Venture HR dan Q Explorist HR juga sama. Edisi dengan band leather dibanderol US$255 (Rp3,6 jutaan) dan band stainless steel US$275 (Rp3,9 jutaan).

Sumber: GSMArena