Categories

Gadget

Fossil Ungkap Smartwatch Perdananya Beserta Tiga Perangkat Wearable Lain

Glenn Kaonang - 22 October 2015

Akhirnya, setelah setahun lebih sejak rumornya pertama berhembus, Fossil mengungkap smartwatch perdananya. Tak hanya smartwatch, pabrikan arloji ternama asal AS tersebut bahkan memperkenalkan satu lini yang berisi beberapa perangkat wearable sekaligus, yang semuanya merupakan hasil kolaborasinya dengan Intel.

Lini tersebut dijuluki Fossil Q, terdiri dari dua smart band dan dua smartwatch. Fossil dengan bangga menyebut lini perangkat ini punya keseimbangan terbaik antara desain dan fungsi, sanggup menyajikan hanya informasi yang dibutuhkan saja ketika pengguna memang memerlukannya.

Dua smart band itu adalah Fossil Q Reveler dan Q Dreamer. Keduanya sejatinya punya fitur yang sama, hanya saja satu dirancang untuk memikat konsumen perempuan, dan satu lagi untuk laki-laki. Keduanya tak cuma bisa memonitor aktivitas fisik, tapi juga meneruskan notifikasi dalam bentuk yang sangat sederhana, yaitu getaran dan LED yang berpenjar dalam warna tertentu untuk menandakan siapa rekan yang tengah mencoba menghubungi pengguna.

Selanjutnya ada Q Grant. Perangkat ini cukup unik, karena ia sebenarnya merupakan jam tangan biasa yang dilengkapi strap pintar. Fungsinya pun pada dasarnya sama seperti Q Reveler dan Q Dreamer, memonitor aktivitas fisik dan meneruskan notifikasi dalam wujud LED yang berpenjar. Hanya saja, sebagai jam analog tentu saja ia juga bisa difungsikan sebagai penunjuk waktu.

Info menarik: Smartwatch Tag Heuer Dipastikan Meluncur 9 November Seharga $1.800

Lalu tibalah kita pada perangkat yang terakhir. Dinamai Fossil Q Founder, perangkat inilah yang sejatinya paling pantas disorot. Ia merupakan smartwatch Android Wear perdana dari Fossil, memanfaatkan deretan teknologi yang disediakan Intel dan Google, yang akhirnya dikemas dalam wujud elegan khas Fossil. Belum banyak informasi yang diberikan soal Q Founder, tapi bisa dipastikan pengoperasiannya mengandalkan layar sentuh.

Lini Fossil Q sendiri rencananya akan mulai dipasarkan pada tanggal 25 Oktober – terkecuali Q Founder yang akan menyusul di "masa liburan". Q Reveler dan Q Dreamer dibanderol seharga $125, Q Grant seharga $175-$195, sedangkan Q Founder seharga $275. Semua perangkat ini kompatibel dengan perangkat Android maupun iOS.

Fossil sudah, kini saatnya menanti kehadiran smartwatch Android Wear dari Tag Heuer, yang dipastikan akan meluncur awal bulan depan. Persaingan pasar smartwatch akan semakin menarik dengan bergabungnya pabrikan-pabrikan arloji ternama ini.

Sumber: PR Newswire dan Frandroid, via The Verge.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter