1 September 2016

by Glenn Kaonang

Foto dan Video di Instagram Kini Bisa Di-Zoom

iOS mulai hari ini juga, Android akan menyusul dalam beberapa minggu ke depan

Ketika sedang melihat-lihat foto di Instagram, pernahkan Anda secara reflek berusaha memperbesar gambar dengan gesturepinch-to-zoom? Saya pernah, istri saya pernah, orang tua saya pun pernah. Kami semua tertipu, sebab sejak awal Instagram sama sekali tidak mendukung fitur ini.

Skenario ini juga membuktikan bahwa pinch-to-zoom sepertinya sudah menancap di alam bawah sadar kita sebagai salah satu cara untuk memperbesar gambar. Entah itu di perangkat Android, iOS atau bahkan tablet Windows 10, gesturepinch-to-zoom memberikan efek yang sama pada sebuah gambar. Jadi pertanyaannya tinggal sampai kapan Instagram mau bersikeras tidak menyajikan fitur zoom.

Well, pertanyaan tersebut akhirnya terjawab semalam. Lewat akun resminya, Instagram mengumumkan bahwa fitur zoom sudah hadir untuk pengguna perangkat iOS mulai sekarang juga. Buat pengguna Android, mereka masih harus menunggu beberapa minggu lagi.

Jadi mulai sekarang, semua foto dan video yang ada di Instagram bisa di-zoom dengan gesture universal itu tadi. Double-tap-to-zoom tidak berlaku mengingat gesture ini sudah sejak lama berfungsi untuk membubuhkan like di Instagram.

Pembaruan ini sekaligus membuktikan komitmen Instagram dalam mendengarkan masukan dari pengguna-pengguna loyalnya. Sejauh ini sudah ada cukup banyak contohnya, mulai dari dukungan foto berorientasi landscape, durasi video yang lebih panjang, dan kini fitur zoom.

Sumber: TechCrunch. Gambar header: Instagram via Pixabay.