Categories

Tips & Trik

[Ask the Expert] Foto Profil di BBM, LINE dan Path Tidak Muncul, Solusinya Apa?

Edisi minggu ini redaksi akan menjawab dua buah pertanyaan seputar foto profil BBM yang tidak muncul

Bambang Winarso - 17 December 2015

Halo, terima kasih sudah mampir ke kolom mingguan Ask the Expert yang isinya terdiri dari berbagai solusi permasalahan seputar gadget, blog, komputer, dan dunia teknologi. Terima kasih juga atas atensi yang diberikan, jika pertanyaan sobat belum dimuat, mohon bersabar. Ada beberapa alasan yang menyebabkan hal itu terjadi, pertama karena deskripsi yang kurang lengkap, kedua data diri yang tidak diisi, atau ketiga bisa jadi permasalahan sobat cukup rumit sehingga para expert kami belum mendapatkan jalan keluarnya.

Minggu ini ada dua pertanyaan yang sangat mirip, yakni soal foto profil atau DP atau disebut juga dengan PP yang tidak muncul di BBM, LINE, Path dan beberapa jejaring sosial lainnya. Karena mirip, redaksi meyakini akar permasalahannya kurang lebih sama. Jadi, jawabannya akan kami satukan.

Pertanyaan Pertama:

Gambar BBM di ponsel saya tidak muncul. Dan kalau saya sedang mengetik pesan tiba-tiba langsung keluar dari bbm

M agusman

Pertanyaan Kedua:

Mas, kenapa ya smartphone samsung A3 saya profil picture/dp (BBM, LINE, Path, Instagram, dan lain-lain) tidak muncul? Cara mengatasinya gimana ya? makasih

Fay

Jawaban:

Halo Agus dan Fay, terima kasih ya atas pertanyaannya. Permasalahan yang Anda hadapi berdua kami kira sama. Diagnosanya, pertama ponsel kekurangan memori alias terlalu berat yang bisa jadi diakibatkan oleh kelebihan aplikasi atau game. Kedua, jaringan yang tidak memadai. Ketiga, bugs di aplikasi.

Jadi, coba lakukan langkah-langkah alternatif berikut ini:

  • Copot beberapa aplikasi yang memberatkan perangkat, coba periksa kembali di menu Settings – App – Running kemudian lihat aplikasi apa yang berjalan di belakang layar dan memakan memori lebih banyak dari yang lain. Anda juga bisa menggunakan aplikasi untuk memeriksa aplikasi yang terlalu berat di ponsel. Misalnya aplikasi Memory Usage, CPU/RAM/Device Identifier dan Memory Usage dari Androb. Setelah ketemu aplikasi mana yang berat, Anda bisa mencopotnya dari ponsel.
  • Ubah APN data dengan APN yang benar, jika tidak diperlukan hapus saja APN data. Caranya masuk ke Settings – Mobile Networks – Access Point Names – Kartu SIM.
  • Jika setelah melakukan dua langkah di atas belum terselesaikan, coba ganti operator data Anda.
  • Alternatif lainnya, bersihkan cache aplikasi yang bersangkutan. Masuk ke Settings – Apps – BBM – Kemudian klik Clear Cache dan Force Stop (panduannya ada di artikel ini). Matikan ponsel, cabut baterai dan kartu SIM, diamkan selama beberapa menit dan hidupkan kembali.
  • Terakhir, untuk menambal bugs cobalah update aplikasi Anda ke versi terbaru.

Semoga jawaban dari kami ini menyelesaikan permasalah Fay dan Agus. Apabila masih ada pertanyaan, tidak hanya untuk Anda berdua, tapi juga teman-teman sobat DS yang mampir ke sini, jika punya pertanyaan seputar tips di atas, silahkan ajukan melalu kolom komentar di bawah ini, menggunakan akun jejaring sosial Anda.

Sumber gambar header Shutterstock.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter

Thank you for Reading DailySocial.id

Starting at less than Rp 5.000/Day. You get unlimited access to DailySocial.id