7 December 2017

by Yoga Wisesa

Four Seasons Ialah Penyempurna Lofree, Keyboard Mekanis Wireless Bergaya 'Retro'

Seperti keyboard Lofree, Four Seasons kompatibel dengan Windows, Mac, iOS, dan Android; bisa tersambung ke tiga perangkat sekaligus.

Terlepas dari naik daunnya penggunaan keyboard mekanis di kalangan gamer mulai beberapa tahun ke belakang, periferal ketik jenis ini sudah lama ada - salah satu yang paling ikonis adalah IBM Model M tahun 1984. Saat ini, sejumlah varian gaming bahkan kembali mengusung penampilan bulky ala produk lawas, dan konsumen sepertinya tidak terlalu keberatan.

Tentu saja keyboard mekanis juga tersedia dalam wujud yang lebih ringkas. Anda dapat memilih keyboard tenkeyless atau tipe '60 persen'. Namun jika menginginkan model yang lebih elegan agar serasi di ruang kerja minimalis Anda, produk baru dari Lofree ini bisa jadi pilihan. Setelah memperkenalkan papan ketik bergaya retro di bulan Maret silam, sang produsen periferal itu menyingkap varian generasi keduanya: Four Seasons.

Sekilas, Four Seasons hampir tidak mempunyai perbedaan dari papan ketik Lofree generasi pertama. Ia masih mengusung tubuh mungil dengan ujung membulat, dipadu tombol-tombol bundar, sehingga penampilannya terlihat seperti versi futuristis dari mesin ketik. Di sana, Anda dipersilakan mengatur tingkat kecerahan LED-nya. Tim penciptanya mengaku, rancangan periferal itu berkiblat pada keyboard Apple Mac.

Tapi jika dilihat lebih teliti, mungkin Anda bisa menemukan sejumlah modifikasi yang tim Lofree bubuhkan di keyboard anyarnya. Beberapa perubahan terpenting di sana meliputi relokasi tombol 'Q' ke area kanan bawah tombol '1' sehingga layout-nya lebih familier buat mayoritas pengguna; lalu produsen juga memperluas ukuran tombol Caps Lock kiri dan Backspace - kini memakan dua slot tuts dan lebih mudah diraih.

Tombol-tombol berukuran besar seperti spasi, Enter, Backspace dan Caps Lock dibekali satu switch mekanis saja. Hal ini dipercaya membuat resistensinya lebih kecil demi meminimalkan rasa lelah di jari. Produsen kembali memanfaatkan switch Gateron biru. Berdasarkan komentar mereka yang berpengalaman, switch ini lebih mulus dan ringan dibanding Cherry MX Blue, dengan profile non-linier yang menghidangkan sensasi clicky.

Four Seasons turut dilengkapi beragam fitur yang ada di keyboard Lofree generasi pertama. Periferal ini kompatibel ke perangkat Windows, Mac, iOS dan Android cukup dengan menggeser switch di samping; lalu dapat tersambung ke tiga device sekaligus. Four Seasons juga mendukung mode wireless ataupun wired, serta menyimpan baterai internal yang bisa diisi ulang melalui port microUSB.

Dengan mengusun nama 'Four Seasons', produsen tak lupa menyiapkan empat pilihan warna body yang terinspirasi dari empat musim: putih, biru pastel, abu-abu dan hitam. Four Seasons sudah dapat dipesan di Indie Gogo seharga mulai dari US$ 74. Produk rencananya akan didistribusikan pada bulan Maret 2018.