1. Startup

Foursquare + Your Business: Interesting!

Fitur berbasis lokasi menyediakan sebuah relasi yang sejajar antara pelaku bisnis dan konsumen. Konsumen atau user melakukan check-in di venue tertentu dan pelaku bisnis memberikan pelayanan pada konsumen langsung di venue tersebut.

Foursquare, sebagai salah satu layanan berbasis lokasi yang popularitasnya terus menanjak, mengetahui peluang atas relasi tersebut, dan kini mulai mengambil peran yang lebih lagi dengan meluncurkan sebuah layanan yang mempermudah bagi kalangan bisnis atau pemilik lokasi untuk memberikan pelayanan pada konsumen mereka lewat layanan berbasis lokasi Foursquare dan disisi lain membuat para pemilik venue menjadi semakin terikat dengan Foursquare.

Kini para pemilik lokasi yang ingin menambahkan lokasi di Foursquare atau yang ingin menambahkan fasilitas berupa Specials seperti bermacam-macam promosi, diskon, serta fasilitas bagi para user dan para mayor dari venue mereka di Foursquare, bisa melakukan klaim atas lokasi bisnis mereka dan menambahkan berbagai program promosi langsung di halaman Foursquare mereka.

Beberapa tahap harus dilakukan oleh para pemilik lokasi untuk melakukan klaim/konfirmasi ini. Bagi anda yang belum pernah melakukan konfirmasi atas venue yang anda miliki, search lokasi bisnis anda, nantinya akan muncul keterangan berupa pertanyaan dari Foursquare yang menanyakan apakah anda pemilik/manajer dari venue tersebut.

Jika anda meng-klik pilihan tersebut, maka anda akan diarahkan pada halaman baru yang berisi beberapa langkah yang harus dilakukan untuk mengklaim lokasi yang anda punya. Tahap pertama yaitu melakukan klaim lokasi tempat atau bisnis yang anda punya, dengan mengisi beberapa kelengkapan tentang informasi lokasi bisnis, yang nantinya akan diverfikasi oleh Foursquare.

Langkah kedua membuat Specials atau semacam penawaran khusus dari venue bisnis anda. Ketika Foursquare melakukkan verifikasi, para pemilik bisnis bisa mulai membuat penawaran khusus bagi user yang check-in di lokasi mereka, misalnya diskon harga untuk mereka yang melakukan check-in sebanyak 4 kali,  atau makan gratis untuk para mayor. Tahap kedua atau tahap pengisian keterangan Specials ini bisa anda lewati prosesnya, anda bisa mengisi keterangan dilain waktu.

Setelah selesai menjalani tahap kedua ini, dan venue yang anda klaim sudah dikonfirmasi, maka tim Foursquare akan melakukan review Specials dari venue anda dan setelah konfirmasi selesai maka penawaran ini akan segera muncul di Foursquare venue page anda. Klik submit dan anda tinggal menunggu konfirmasi dari Foursquare.

Untuk layanan bagi para pemilik bisnis ini, Foursquare  juga menyediakan beberapa fitur tambahan seperti manajemen lokasi bisnis, yang memungkinkan pemilik lokasi melakukan kontrol atas informasi venue mereka serta mengontrol penawaran-penawaran khusus yang mereka tawarkan ke konsumen, lalu fitur baru yang akan diluncurkan, melakukan kontrol atas kewenangan staff anda.

Tersedia  juga layanan statistik yang bisa diakses oleh pemilik venue yang berisi informasi realtime tentang konsumen. Fasilitas yang disediakan yaitu data tentang recent visitors, most frequent visitors, informasi tentang keterangan hari kapan konsumen melakukan check-in, histogram check-in perhari, keterangan jumlah unique visitors, serta beberapa fitur lain yang akan segera ditambahkan.

Untuk mendukung program promosi serta menarik para check-in mania, Foursquare juga menyediakan stiker resmi untuk ditempelkan di venue merupakan tanda bahwa venue anda telah terdaftar di Foursquare atau stiker yang menjelaskan bahwa anda punya penawaran khusus bagi mereka yang melakukan check-in lewat Foursquare di venue anda. Dan semua layanan ini diberikan secara gratis.

Terus terang saya sendiri sebenarnya menjadi pengguna pasif  layanan berbasis lokasi, namun untuk model bisnis serta layanan untuk kalangan bisnis, tetap terus saya perhatikan, karena bagi saya dan juga mungkin banyak orang, model bisnis yang bisa dikembangkan dari layanan berbasis lokasi sangat luas dan langsung menyentuh para pemilik bisnis dan konsumen.

Konsep dasar yang bisa ditawarkan antara lain seperti yang ditawarkan Foursquare ini, pemilik bisnis bisa 'berpromosi' secara halus lewat venue page dan Specials, dan konsumen bisa langsung menikmati layanan yang disediakan oleh venue ini begitu mereka malakukan check-in, proses promosi yang direct seperti ini bisa membangun kombinasi percakapan lewat internet dan offline yang pas, karena langsung menciptakan transaksi.

Mashable dan TechCrunch juga mengatakan bahwa setelah Google Places kemarin diluncurkan, yang merupakan serangan Google atas layanan berbasis lokasi dari sisi yang berbeda, maka langkah Foursquare ini adalah jawaban atas strategi Google tersebut, dan merupakan layanan tambahan yang, setidaknya bagi saya akan sangat menarik bagi para pemilik venue.

Ketika berbicara layanan lokasi maka kita selalu akan berbicara layanan lokasi lokal, jadi bagaimana nih Koprol? Kira-kira perkembangan apa yang akan dilakukan Koprol untuk menjawab fitur dari Foursquare ini, Atau, memang strategi yang dijalankan Koprol berbeda, misalnya: lokasi adalah fitur bukan yang utama, tetapi merupakan pelengkap untuk jaringan sosial, seperti keterangan yang saya ambil dari blog mereka.

Because Koprol is about community and conversations, not a pointless check-in game. Here, the discussions are the driving force. And brands travel by word of mouth.

Bagaimana pendapat anda?

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again