1. Startup

Menteri Perdagangan: Foxconn Akan Memulai Produksi di Indonesia Tahun Ini

Hon Hai Precision Industry atau yang biasa dikenal dengan nama Foxconn dikabarkan akan memulai aktivitas produksinya di Indonesia tahun ini menurut Menteri Perdagangan Gita Wirjawan. Apakah berarti kabar yang sempat tersiar bahwa Foxconn akan membangun pabriknya di Indonesia akan segera terwujud?

Foxconn yang belum lama ini dikabarkan akan memulai investasi di Indonesia dalam bentuk bisnis ritel nampaknya mulai serius menapakkan usahanya di tanah air dengan membuka pabrik yang terkenal memproduksi sejumlah produk telepon genggam dan juga gadget lainnya. Hal ini diutarakan oleh Menteri Perdagangan Gita Wirjawan yang memberikan komentarnya di sela-sela sidaknya di ITC Roxy Rabu ini (8/5) “Insyaallah tahun ini mereka sudah mulai melakukan assembling dan produksi", seperti dikutip dari Berita Satu.

Menurutnya, Foxconn saat ini telah menandatangani kerja sama dengan mitra lokal untuk mendirikan pabrik yang akan beroperasi untuk melakukan perakitan dan produksi. Dengan hadirnya Foxconn di Indonesia, diharapkan produksi komponen di dalam negeri dapat lebih ditingkatkan, melihat konsumsi produk-produk teknologi yang sangat tinggi minatnya di masyarakat Indonesia.

Rencananya Foxconn akan mendirikan pabriknya di wilayah Pulau Jawa. Saat ditanyakan mengenai nilai investasi Foxconn di Indonesia, Menteri Perdagangan mengaku tidak mengetahui jumlah pasti dari nilai investasi yang ditanam Foxconn di Indonesia, namun angka USD 10 miliar sempat disebut oleh Menteri Perindustrian MS Hidayat pada bulan Agustus tahun lalu.

Di kesempatan yang sama, MS Hidayat mengatakan bahwa Foxconn akan membuka pabriknya pada akhir tahun 2012 di kawasan Cikande, Jawa Barat, namun kenyataan berkata berbeda dan sampai hari ini masih hanya berupa rencana. The Jakarta Post Agustus lalu mengutip Gita Wirjawan mengenai rencana Foxconn di Indonesia yang sedianya akan memulai fase kedua pada bulan Juli 2013, namun dengan mundurnya fase pertama operasional pabrik, belum diketahui rencana terbaru Pemerintah dan Foxconn mengenai pabrik ini.

Foxconn dikenal sebagai perusahaan manufaktur raksasa dengan kantor pusat di Taiwan, yang telah dipercaya oleh berbagai produsen produk teknologi dalam merakit produknya di beberapa pabriknya di Cina dan Brazil. Perusahaan ini merupakan perusahaan manufaktur terbesar di dunia yang merakit perangkat smartphone dan elektronik milik Apple dan juga konsol game besutan Microsoft.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again