Categories

Gadget

fps1000, Kamera High Speed Canggih Dengan Harga Terjangkau

Yoga Wisesa - 3 November 2014

Dimanfaatkan untuk merekam objek dan benda yang melaju sangat cepat, kamera high speed biasanya terkenal akan dua hal: tingkat frame rate tinggi dan dibanderol di harga tinggi. Berbagai upaya telah dilakukan agar kamera berkecepatan tinggi bisa ditawarkan lebih murah, tapi sayangnya sejauh ini belum ada opsi yang benar-benar terjangkau.

Karena alasan itulah Graham Rowan bekerja keras menciptakan fps1000, dan memperkenalkannya di Kickstarter. Perangkat ini adalah kamera berkecepatan tinggi, mampu merekam video dari 840 hingga lebih dari 10.000 frame rate per detik. Berita baiknya lagi, untuk memilikinya Anda tak perlu merogoh kocek terlalu dalam.

Kamera video standar biasanya merekam dan memainkan film di 24 hingga 60 frame per detik. Jika merekam benda cepat, hasilnya akan tampak blur. Semakin tinggi frame, maka kian detail serta dramatis pula videonya. Kamera modern mampu mencapai 120fps, tapi untuk melakukan riset dan evaluasi ilmiah – seperti uji coba tabrakan pada mobil – Anda membutuhkan teknologi kamera lebih canggih.

Tak hanya terjangkau, fps1000 juga menyajikan banyak kemudahan. Ia dibekali layar sentuh LCD, dimana Anda bisa melihat dari ‘perspektif’ kamera, bahkan saat merekam di kecepatan tinggi. Hal tersebut memungkinkan Anda untuk tetap fokus pada target. Lalu hasil rekaman dapat dimainkan dalam kecepatan berbeda serta gerakan lambat. Hasilnya akan langsung disimpan di kartu micro SD atau dipindahkan ke device lain.

fps1000 02

 

Info menarik: Ubah Kamera Biasa Menjadi Kamera 3D Dengan Kula

 

fps1000 kompatibel dengan lensa C-mount, mendukung hampir seluruh lensa yang tersedia di pasar. Ada dua jenis fps1000, versi warna dan monokromatik, keduanya dijajakan di harga sama. Model berwarna menggunakan sistem color mask Bayer, dan semua file disimpan dalam format RAW untuk menjaga warna dan detail pencahayaan.

Bagi penggemar utak-utik, Rowan menjelaskan Anda boleh mengkustomisasinya sesuai kebutuhan. Pengguna diberi akses penuh ke prosesor on-board STMicro ARM di dalam dan memprogramnya via port Serial Wired Debug. fps1000 juga memberi solusi masalah minimnya portabilitas dan terbatasnya kapasitas memori pada kamera high speed standar.

Ada tiga versi yang bisa Anda pilih: Silver, Gold dan Platinum. Perbedaan pada model-model tersebut terletak pada jumlah memori, tingkat resolusi maksimal, dan frame rate maksimal. Tapi selain itu, semua spesifikasinya sama, termasuk komposisi hardware dan software.

Anda dapat memesan fps1000 di situs crowdfundingKickstarter di harga mulai dari £ 349, sekitar US$ 557 (karena varian £ 299-nya sudah terjual habis). Sekali lagi, harga itu berlaku baik untuk model warna maupun monokromatik.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter

Thank you for Reading DailySocial.id

Starting at less than Rp 5.000/Day. You get unlimited access to DailySocial.id