1. Startup

Freco.com: Situs Rekomendasi Berdasarkan Pertemanan

Freco.com adalah situs yang menyediakan hasil pencarian berbagai hal berdasarkan rekomendasi dari pengguna lain. Di situs ini Anda bisa mengetikkan kata kunci tertentu untuk mendapatkan rekomendasi dari pengguna lain. Anda juga bisa menambahkan rekomendasi atas hal tertentu, bisa barang atau topik lain yang belum ada di Freco.com.

Jika Anda merasa rekomendasi Anda bagus, pada bagian kanan situs juga terdapat daftar rekomendasi yang dibutuhkan pengguna lain yang bisa Anda penuhi.

Situs ini memiliki tag line friends recomendation, yang artinya rekomendasi yang ada di situs mereka berdasarkan teman. Namun setelah mencoba beberapa kali melakukan pencarian, rekomendasi yang saya dapatkan bukan benar-benar dari teman saya, meski saya menggunakan fasilitas login dengan Facebook. Bisa jadi ini dikarenakan belum ada teman saya yang menggunakan layanan Freco, selama mencoba, hasil pencarian yang muncul hanya dari pengguna lain atau (kebanyakan) dari para artis. Namun penjelasan dari situsnya mengatakan bahwa ketika kita login menggunakan jejaring sosial, hasil pencarian dari teman serta selebritis akan jadi prioritas hasil pencarian.

Freco memang menyediakan rekomendasi dari berbagai selebritis atau orang terkenal, seperti yang dituliskan oleh VivaNews, Freco mewawancarai para selebritis atau orang terkenal untuk menambahkan berbagai rekomendasi atas berbagai hal di situs mereka. Meski bagi saya ini kurang relevan, karena saya lebih mempercayai teman dari para artis, namun untuk pengguna di Indonesia, bisa jadi ini malah yang di cari.

Bisa jadi satu hal yang paling menarik dari Freco adalah jumlah investasi yang dikucurkan 3 founder dari layanan ini, masih seperti yang dituliskan VivaNews, R. Ari Sudradjat, Herjuno Wahyu Aji, dan Anton Nasser (PT Makmur Sukses Untung) telah mengucurkan dana investasi sebesar $40.000 untuk situs ini. Tampilan Freco sangat sederhana, malah bagi saya terkesan baru setengah jadi, fitur yang ada juga cukup minim, selain fasilitas utama ada juga fasilitas share ke Facebook dan Twitter. Meski rekomendasi untuk barang unik atau spesifik kadang tidak tersedia, di sisi lain, harus saya akui hasil pencariannya cukup cepat.

Salah satu layanan yang juga bermain di segmen ini adalah Blanjaa.com (sayangnya situsnya tidak aktif, padahal sudah lewat waktu rilis). Rekomendasi memang jadi 'mainan' cukup penting di tengah tumbuhnya informasi, yang kini tidak hanya offline tetapi juga online, keputusan pembelian barang juga banyak dipengaruhi oleh rekomendasi dari rekan, keluarga maupun teman dan publik figure. Namun saya pikir, layanan yang ada di Freco saat ini bisa menjadi salah satu fitur tambahan dari layanan yang lebih besar, atau sambil menumbuhkan jumlah pengguna, Freco bisa menambahkan berbagai fitur lain seperti fasilitas unggap foto, akun pengguna yang lebih terpersonalisasi serta perbaikan tampilan agar layanannya semakin menarik.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again