1. Startup

Friendster Bekerja sama Dengan Yahoo!

Setelah berita cukup penting dari Friendster akhir tahun lalu, termasuk perubahan logo dan UI serta pembelian oleh perusahaan asal Malaysia MOL Global, kini berita terbaru hadir lagi dari Friendster. Friendster kini menjalin kerjasama dengan Yahoo! Asia Tenggara.

Yup, dengan basis user Asia yang besar, sepertinya ini adalah salah satu strategi Friendster untuk merebut kembali posisinya di 'klasemen' perlombaan social networking. Kerjasama ini sebenarnya sangat masuk akal, seperti juga akuisi yang dilakukan MOL, dengan penetrasi yang masih tetap besar dan bertahan dari gempuran Facebook dan Twitter, Asia memang masih merupakan pasar yang menjanjikan bagi Friendster, dan kerjasama dengan Yahoo! tentu saja akan meningkatkan lagi posisi Friendster.

Yahoo! sendiri merupakan salah satu giant yang leading di Asia, termasuk di Indonesia, masih ingat artikel DailySocial tentang superioritas Yahoo! di Indonesia bukan?

Seperti yang ditulis TechCrunch, kerjasama ini nantinya akan mengintegrasikan fitur produk masing-masing pihak serta program promosi silang antara Yahoo dan Friendster. Beberapa fasilitas yang nantinya akan dinikmati user Friendster dan Yahoo! antara lain, Yahoo Search nantinya akan menampilkan hasil pencarian dari user profiles dan fan profiles, ini berguna bagi mereka yang memang membutuhkan hasil pencarian dari Friendster, seperti artis atau brand (kalau ada).

Masih menurut TechCrunch, kemudahan dari sisi Friendster, user nantinya bisa membuat link dari akun Friendster mereka ke akun Yahoo! dan bisa men-share kegiatan yang mereka lakukan di Friendster serta inbox lewat akun Yahoo! mereka, langsung dari homepage Yahoo! yang memang telah berubah beberapa bulan yang lalu menjadi lebih personal. Dan yang paling penting, user juga bisa mem-publish network activity Friendster ke Yahoo Messenger.

Di halaman homepage Yahoo! Indonesia, sudah tersedia aplikasi membaca stream dari Friendster, dan di halaman Friendster pun, logo Yahoo! sudah nongol. Apakah kerjasama ini akan membuat Yahoo! menjadi semakin superior di Asia, atau Friendster yang kembali berjaya seperti beberapa tahun silam sebagai salah satu pelopor social networking yang sangat populer? Mari kita sama-sama lihat, perkembangan selanjutnya, tapi yang pasti dengan kerjasama ini peluang kearah sana terbuka lebar.

Bagaimana pendapat anda? Apakah kerjasama ini membuat anda menjadi tertarik (kembali) ke Friendster? Apakah kerjasama ini akan membuat Yahoo! semakin berjaya? Share pendapat anda pada kolom komentar.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again