24 January 2020

by Glenn Kaonang

Fujifilm X-T200 Lebih Ringkas, Lebih Kencang, dan Lebih Kapabel Dibanding Pendahulunya

Performa autofocus-nya lebih baik serta kini dapat merekam video 4K secara proper

Fujifilm baru saja meluncurkan X-T200. Kamera mirrorless kelas entry ini hadir membenahi sejumlah kekurangan milik pendahulunya, X-T100, dan di saat yang sama turut menghadirkan beberapa inovasi milik sepupunya, X-A7.

X-T200 mengusung sensor APS-C 24 megapixel yang sama seperti sebelumnya, akan tetapi Fujifilm telah menyempurnakan sistem perkabelannya sehingga ia dapat memproses data 3,5 kali lebih cepat. Jumlah titik phase-detection autofocus (PDAF) yang tersebar di penampang sensor juga bertambah drastis dari 91 menjadi 425.

Secara keseluruhan, X-T200 menjanjikan kinerja yang lebih baik, termasuk performa sistem eye detection yang lebih baik, maupun peningkatan kecepatan burst shooting dari 6 fps menjadi 8 fps. Lebih lanjut, X-T200 juga jauh lebih kapabel soal perekaman video.

Resolusi maksimum yang didukung adalah 4K 30 fps, bukan lagi 15 fps seperti pada X-T100. Mode slow-motion 1080p 120 fps turut tersedia, tidak ketinggalan pula mode Electronic Stabilization untuk membantu menstabilkan video via gyroscope, serta mode HDR Video.

Secara fisik, X-T200 masih mempertahankan desain ala DSLR, akan tetapi ergonominya bisa ditingkatkan lagi berkat hand grip yang tak lagi berwujud aksesori opsional seperti sebelumnya. Meski mengemas hand grip yang cukup gemuk, bobotnya ternyata 80 gram lebih ringan ketimbang X-T100 di angka 370 gram.

Viewfinder elektroniknya tentu masih ada, dan masih dengan spesifikasi yang sama. Yang berubah justru adalah layar sentuhnya, yang kini memelar ukurannya menjadi 3,5 inci dan tak lagi menyisakan ruang untuk tombol empat arah. Sebagai gantinya, ada joystick kecil di sisi kanan layar fully-articulated ini, persis seperti X-A7.

Fujifilm X-T200 rencananya akan dilepas ke pasaran mulai akhir Februari mendatang seharga $700 (body only), atau $800 bersama lensa XC 15-45mm f/3.5-5.6. Pilihan warna yang tersedia masih sama seperti sebelumnya, yakni Silver, Dark Silver, dan Champagne Gold.

Sumber: DPReview.