1. Startup

Fujitsu Kenalkan Jakarta Flood Information Platform

Tersedia untuk platform Android, satu lagi solusi masyarakat Jakarta berbagi informasi banjir secara cepat dan (diharapkan) akurat

Perusahaan teknologi Jepang Fujitsu berusaha membantu mengurangi problem kota Jakarta dengan merilis Jakarta Flood Information Platform (JAFIP). JAFIP adalah sebuah aplikasi berbasis mobile yang dirancang untuk memudahkan proses berbagi informasi seputar kondisi cuaca, banjir, dan bencana lainnya di Jakarta. Saat ini JAFIP telah tersedia untuk platform Android.

Aplikasi tersebut merupakan salah satu bagian dari proyek Human Centric Intelligence Society yang sedang dikembangkan Fujitsu. Proyek ini merupakan salah satu wujud kepedulian Fujitsu dalam rangka memudahkan kehidupan manusia melalui teknologi.

“Kita berusaha untuk untuk mengaplikasikan tiap teknologi yang mempermudah masyarakat dalam kehidupan sehari-hari lewat Human Centric Intelligence Society. Ke depannya kita harap akan ada produk cerdas lain dari Fujitsu yang bisa dimanfaatkan di Indonesia,” ujar Managing Director Fujitsu Indonesia Achmad Sunuadji Sofwan.

Pada umumnya saat kondisi bencana semua orang menginginkan informasi yang cepat dan akurat. Seringkali dalam kondisi bencana informasi yang didapat cendeerung simpang siur sehingga malah dapat membuat situasi menjadi tidak kondusif dan semakin buruk. Melalui JAFIP ini, Fujitsu mencoba memberikan media bagi masyarakat untuk berbagi informasi sesuai apa yang mereka rasakan saat itu juga.

“Masyarakat bisa menjelaskan pandangan matanya soal hujan, banjir, ketinggian air sungai atau dampak lain. Mereka juga bisa menambahkan komentar berikut foto dari tempat kejadian secara langsung,” ungkap Department Manager Application Service Business Group Fujitsu Indonesia Abdul Shomad.

JAFIP juga dirancang untuk memudahkan pengguna dalam berbagi maupun memantau informasi yang disampaikan pengguna lainnya. Untuk mengantisipasi laporan palsu atau tak layak, Fujitsu juga menyediakan fitur report abuse.

Sementara ini JAFIP masih terbatas untuk pengguna Android dan untuk platform lainnya diharapkan akan segera menyusul. Pengguna platform lain saat ini bisa mengakses situs JAFIP dari desktop untuk mencoba fitur-fitur yang dimiliki oleh layanan ini.

JAFIP akan terkoneksi dengan Disaster Information Management System (DIMS) yang telah diutilisasi oleh BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) DKI Jakarta. DIMS  ini adalah platform yang akan mengirimkan notifikasi ke tiap kepala rukun tetangga (RT) yang daerahnya terancam banjir.

Langkah Fujitsu yang memboyong teknologinya ke Indonesia ini merupakan salah satu perwujudan kerja sama yang antara Pemerintah provinsi DKI Jakarta dan  Japan International Cooperation Agency (JICA).

Disampaikan oleh Sofwan, mereka masih mempunyai serangkaian produk lain yang dapat membantu mewujudkan gagasan smart city seperti teknologi pengaturan bandara, rumah sakit, dan jalan raya yang diharapkan dapat dimanfaatkan di Indonesia.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again