1. Lifestyle

Fujitsu Kembangkan Cincin Pintar dengan Konektivitas NFC dan Kemampuan Menulis di Udara

Dampak kemajuan teknologi sangatlah besar. Selain membantu kegiatan sehari-hari mayoritas masyarakat, teknologi juga mempercepat jalannya berbagai aktivitas di bidang industri. Di saat yang sama, para pekerja pun juga dituntut untuk bisa melakukan tugas-tugasnya dengan cepat.

Ambil contoh seorang pimpinan kontraktor yang sedang bekerja di lapangan. Keberadaan head-mounted display (HMD) atau perangkat seperti Google Glass dapat membantu sang mandor untuk menerima informasi dengan cepat tanpa bantuan tangannya. Meski demikian, masalah lain pun muncul. Sang mandor rupanya kesulitan dalam memanipulasi informasi yang ia terima.

Contoh termudah dari manipulasi informasi yang dimaksud adalah menulis catatan kecil. Hal ini memang bisa dilakukan dengan smartphone, namun Fujitsu berpikir berbeda. Dengan latar belakang kondisi ini, Fujitsu mengembangkan perangkat wearable berbentuk cincin yang dilengkapi dengan konektivitas NFC dan sensor pendeteksi gerakan.

Perangkat yang belum memiliki nama ini memungkinkan penggunanya untuk dapat menulis di udara, seperti yang sering kita lakukan saat sedang bermain-main di masa kanak-kanak.

Berbekal sejumlah sensor, cincin ini akan mendeteksi gerakan jari penggunanya, lalu teknologi character recognition akan mengenali dan menghasilkan input karakter yang diinginkan.

 

Informasi menarik:Inikah Penampakan Smartphone Samsung Galaxy J1?

 

Untuk mulai menulis, pengguna cincin ini hanya perlu menekan tombol kecil pada bagian sisi cincin. Pengguna kemudian dapat menggerak-gerakkan jarinya untuk menginput huruf atau angka.

Menurut Fujitsu, akurasi dari teknologi character recognition-nya mencapai angka 95%, serta dapat mengenali bahkan huruf-huruf Kanji – tidak kaget mengingat Fujitsu sendiri lahir di Jepang.

Selain kemampuan menulis di udara, cincin pintar dari Fujitsu ini juga dilengkapi dengan chip pembaca tag NFC.

 

Info menarik: 5 Aplikasi Kamera Android Gratis Paling “Ngetop” di Google Play Store

 

Pengaplikasiannya mungkin masih belum begitu kelihatan saat ini, namun saya pribadi mengira cincin ini dapat membaca informasi ‘tersembunyi’ dari sebuah objek yang memiliki chip NFC untuk kemudian ditampilkan pada perangkat display yang juga terhubung dengan cincin tersebut.

Fujitsu saat ini sedang menguji perangkat cincin pintarnya pada konteks kegiatan sehari-hari. Belum ada rencana terkait pemasarannya secara publik, namun Fujitsu menargetkan cincin pintarnya sudah memasuki tahap final dalam masa fiskal perusahaan di tahun ini.

Sumber: Fujitsu Sumber gambar header: Wareable.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again