19 February 2013

by Iqbal Farabi

Fujitsu Umumkan Stylistic S01, Smartphone Android 'Ramah Lansia'

Satu lagi produsen produk elektronik ikut meluncurkan ponsel pintar berbasis Android. Produsen produk elektronik asal Jepang, Fujitsu, hari ini mengumumkan kerjasamanya dengan operator seluler Orange untuk merilis ponsel pintar yang diberi nama Stylistic S01. Berdasarkan rilis pers yang dikutip oleh Endgadget, ini merupakan ponsel pintar pertama Fujitsu yang dirilis untuk pasar di luar Jepang.

Untuk spesifikasi teknis, Stylistic S01 dilengkapi dengan komponen yang cukup mumpuni untuk ponsel pintar kelas menengah. Stylistic S01 memiliki prosesor Qualcomm MSM8255 dengan kecepatan 1.4 GHz, kapasitas penyimpanan internal sebesar 4 GB, kamera belakang dengan resolusi 8,1 megapiksel, serta kamera depan dengan resolusi 0,3 megapiksel. Sayangnya, untuk sistem operasi Stylistic S01 masih menggunakan Android Ice Cream Sandwich yang sudah berumur lebih dari 1 tahun.

Hal yang cukup unik, Fujitsu secara spesifik mengedepankan bahwa ponsel ini didesain khusus untuk kaum lansia. Beberapa hal yang dilakukan Fujitsu untuk membuat Stylistic S01 menjadi ponsel yang "ramah" untuk lansia diantaranya membuat desain home screen dengan banyak ikon besar yang langsung menuju aplikasi-aplikasi dasar seperti aplikasi untuk melakukan panggilan telepon, mengirim sms, dan mengirim email. Selain itu, layar sentuh pada Stylistic S01 juga didesain untuk dioperasikan dengan penekanan yang lebih keras, seolah-olah pengguna menekan tombol fisik yang sesungguhnya.

Di luar aspek antarmuka, Stylistic S01 juga memiliki teknologi audio untuk membuat suara orang yang menelpon ke ponsel tersebut terdengar lebih jelas. Bahkan, untuk lebih memanjakan pengguna lansia, Stylistic S01 dilengkapi dengan fitur yang memperlambat suara penelpon dari ponsel lain jika penelpon tersebut bicara terlalu cepat. Ini dilakukan tanpa menyebabkan suara penelpon menjadi terdengar aneh atau berubah. Menurut Fujitsu, fitur-fitur ramah lansia ini sudah diterapkan di berbagai ponsel seri Raku-Raku yang sudah dijual Fujitsu di Jepang sejak tahun 2001.

Rencananya ponsel ini akan ikut dipamerkan Fujitsu di acara Mobile World Congress 2013 di Barcelona pada tanggal 25 Februari nanti. Selain itu, Stylistic S01 juga direncanakan akan dirilis di pasar Eropa pada tahun ini dimulai dari rilis di Perancis pada bulan Juni nanti.

 

[via]