Categories

Berita

aCommerce Indonesia Bangun Fulfillment Center Baru di Cawang

Gudang seluas 7.000 meter persegi ini rencananya akan didedikasikan untuk produk mode dari industri e-commerce

Adjie Priambada - 7 June 2016

Rencana e-commerce enabler asal Thailand aCommerce untuk pasar Indonesia di tahun 2016 ini satu demi satu mulai direalisasikan. Setelah ekspansi ke Surabaya dan Bandung dengan membangun hub pada bulan Februari lalu, Jum'at (3/6) kemarin fulfillment center aCommerce Indonesia terbaru di Cawang, Jakarta Timur resmi selesai dibangun. Gudang seluas 7.000 meter persegi ini rencananya akan didedikasikan untuk produk mode dari e-commerce Indonesia.

Gudang aCommerce yang resmi beroperasi sejak Jum’at kemarin ini memiliki luas 7.000 meter persegi, memiliki storage mezzanine 4-level yang luasnya setara dengan 17.000 meter persegi pada level ground space, dan secara keseluruhan diklaim dapat meningkatkan total kapasitas storage aCommerce Indonesia hingga empat juta unit produk. Di samping itu, fulfillment center aCommerce ini juga dilengkapi dengan  conveyor belt yang diklaim dapat mengefisiensi waktu pick-packing per order.

[Baca juga: Mengintip Rencana aCommerce Indonesia Tahun Depan]

Tujuan utama proyek fulfillment center aCommerce ini adalah untuk membangun gudang yang berorientasi pada teknologi (tech-oriented warehouse) yang secara spesifik dipilih untuk memenuhi kebutuhan industri retail dan fashion. aCommerce menyelesaikan pembangunan fulfillment center di Cawang dalam waktu tiga bulan untuk mengantisipasi tingginya permintaan dan pesanan di bulan suci Ramadhan yang terhitung sebagai peak season.

“Membangun gudang dari nol sampai kemudian menjadi FC yang memiliki kapasitas dan teknologi operasional hanya dalam waktu tiga bulan merupakan suatu tantangan. […] Tapi pada akhirnya kami sangat senang berhasil mengatasinya dan menyelesaikan pembangunan FC ini tepat waktu. Pembangunan FC ini menjadi milestone baru bagi aCommerce sebagai leading end-to-end solutions provider untuk para pemain industri e-commerce di Asia Tenggara,” ujar CEO aCommerce Indonesia Hadi Kuncoro.

Fulfillment center baru aCommerce di Cawang memiliki kapasitas untuk menampung empat juta unit produk / DailySocial

Untuk menjalankan kegiatan operasional di fulfillment center baru mereka, aCommerce juga telah merekrut 400 orang yang dibagi dalam tiga shift. Dengan penambahan tenaga kerja tersebut, artinya jumlah anggota tim aCommerce Indonesia sudah mencapai lebih dari 800 orang dan diproyeksikan akan mencapai 1.000 karyawan pada akhir tahun 2016 ini.

Hingga kini, aCommerce Indonesia mengklaim memiliki kapasitas total di level ground (total groundcapacity) seluas 30.000 meter persegi dan menangani 10-12 ribu pengiriman outbound setiap harinya. Dengan penambahan fulfillment center Cawang, tim Operasional memproyeksikan outbound bisa meningkat tiga kali lipat hingga 35-36 ribu pengiriman dalam waktu operasional 24 jam/7 hari.

[Baca juga: aCommerce Melakukan Ekspansi ke Bandung dan Surabaya]

Fulfillment center aCommerce di Cawang ini akan didedikasikan untuk produk fashion sedangkan fulfillment center aCommerce di Halim akan digunakan untuk kategori serba guna (multi user).  aCommerce Indonesia juga kini tengah bersiap meresmikan ekspansi ke 15 kota lainnya pada bulan Juli 2016, terutama setelah sukses meluncurkan dua hub baruya di Bandung dan Surabaya pada Februari lalu.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter