Categories

Gadget

Funrobot iCleaner Dari MSI Siap Bantu Anda Bersih-Bersih Rumah

Yoga Wisesa - 23 September 2015

Dahulu Bill Gates pernah berspekulasi, robot akan jadi hal  yang sering Anda temui di rumah. Tugasnya bisa sekedar untuk menghibur hingga bersih-bersih. Dan jenis terakhir ini mulai sering kita temukan di pasar, mengusung konsep robotic vacuum cleaner. Produsennya bermacam-macam, dari mulai Dyson, Electrolux, iRobot sampai MSI. Betul, Anda tidak salah baca.

Di artikel MSI kemarin, saya sempat membahas bagaimana sang produsen asal Taiwan itu sibuk bermain di beragam ranah. Dan salah satu bidang unik yang mereka geluti adalah perancangan robot. Buat masuk ke sana, mereka menciptakan brand bernama Funrobot di tahun 2010. Setidaknya ada dua produk mewakili Funrobot, yaitu iCleaner M800 dan iCleaner M500.

Kedua robot sudah tersedia sejak beberapa tahun lalu, namun hebatnya fitur di dalam iCleaner tidak lekang dimakan waktu, bahkan malah serasi dengan gagasan rumah pintar yang belakangan sedang mendapatkan sorotan. Mereka mungkin belum bisa terhubung ke perangkat bergerak (saya berharap Funrobot segera merilis versi terbarunya), namun tak berarti iCleaner tidak mempunyai kemampuan pintar.

iCleaner M800 dan iCleaner M500 digarap dengan rancangan dan kapabilitas berbeda. Mari kita ulas M500 terlebih dulu. Wujud robot vacuum cleaner ini sangat tipis, berketebalan hanya 5-sentimeter, dan dapat langsung bekerja cukup lewat satu sentuhan pada tombol. Ukuran ultra-slim tersebut memastikan M500 sanggup mencapai area-area yang sulit dijangkau – bawah tempat tidur, sofa, lemari, dan lain sebagainya. Fitur pengoperasian sederhana juga membuatnya mudah digunakan semua orang.

Info menarik: Mendukung Konsep Smart Home, Roomba 980 Ialah Robot Pembersih Terpintar

Funrobot iCleaner M800 sendiri memiliki fitur lebih canggih. Walaupun Funrobot memanfaatkan material tangguh peredam benturan, tak berarti robot bekerja secara serabutan. Ia dibekali kecerdasan buatan ditambah sensor ultrasonic (bergelombang 40.000Hz) memungkinkan robot melacak lingkungan di sekitarnya demi menghindari tabrakan dengan furnitur rumah. M800 mampu menentukan rute dan strategi gerakan supaya proses pembersihan berjalan optimal.

Developer menyiapkan sensor khusus agar M800 tidak terperangkap atau jatuh dari ketinggian. Ia sanggup mendaki kemiringan hingga 15 milimeter, beroperasi penuh selama tiga jam, dan segera kembali ke unit docking secara otomatis ketika baterai mulai menipis. Anda juga dipersilakan mengkonfigurasi jadwal waktu aktif sang robot.

Sayangnya selain spesifikasi, MSI tidak mencantumkan harga kedua model iCleaner di website mereka.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter