10 December 2020

by Lukman Azis

Ini Pemenang Gadget Champions 2020, Total Ada 32 Kategori

Ajang penghargaan gadget ini merupakan kolaborasi antara DailySocial.id, YangCanggih.com, dan Blibli.com

Pandemi membuat tahun 2020 ini sangat berbeda dari biasanya, namun hal itu sama sekali tidak mengendurkan persaingan sengit di industri teknologi - terkhusus dunia gadget. Di Indonesia sendiri, tahun ini ada banyak sekali gadget baru yang telah dirilis. Meski sebagian besar acaranya digelar secara virtual, namun antusiasme itu tidak berkurang.

Untuk mengapresiasi beragam inovasi tersebut, DailySocial.id dan YangCanggih.com berkolaborasi dengan e-commerce asli Indonesia Blibli.com menggelar 'Gadget Champions 2020'. Ajang ini diselenggarakan untuk memilih smartphone, laptop, tablet, dan kamera digital terbaik yang resmi dijual di Tanah Air mulai dari bulan Desember 2019 hingga November 2020.

Proses Pemilihan Gadget Champions 2020

Gadget yang berhak menjadi nominasi di Gadget Champions 2020 adalah produk yang dijual secara resmi di Indonesia. Pemilihan pemenang setiap kategori dalam ajang ini dilakukan dengan mekanisme tertutup. Penilaian dilakukan oleh tim penilai yang berpengalaman dalam mengulas dan membahas berbagai gadget yang dirilis untuk pasar Indonesia.

Tim penilai tersebut terdiri dari para reviewer dari tim redaksi YangCanggih.com dan DailySocial.id. Proses pemilihan, mulai dari nominasi, penilaian hingga penetapan pemenang, bersifat independen dan tidak dapat dipengaruhi sama sekali oleh brand gadget.

Wiku Baskoro, chief editor DailySocial untuk segmen Gadget memberikan komentar atas awarding ini, “Gadget Champions menjadi salah satu cara kami, sebagai penikmat gadget dan juga media teknologi untuk memberikan apresiasi pada pabrikan atas perangkat yang dirilis. Semoga dengan adanya Gadget Champions ini, selain menjadi benchmark bagi konsumen juga bisa mendorong para brand dan pabrikan untuk terus mengembangkan teknologi agar bisa memberikan manfaat bagi para konsumennya.”

Untuk tahun ini ada empat jenis produk yang masuk dalam Gadget Champions 2020 yaitu kategori smartphone, tablet, laptop dan kamera digital. Dari empat jenis produk ini kami susun berbagai kategori yang disesuaikan dengan perkembangan atau tren yang ada di masyarakat.

Blibli, e-commerce lokal terdepan, mendukung Gadget Champions 2020 karena kami percaya pada kapasitas tim redaksi YangCanggih.com dan DailySocial.id dalam memilih brand dan gadget terbaik dengan seksama dan independen. Sebagai e-commerce dengan ragam smartphone, tablet, laptop, dan kamera yang lengkap demi kepuasan berbelanja pelanggan, Blibli melihat bahwa Gadget Champions 2020 bisa menjadi barometer bagi pelanggan dalam memilih produk sesuai kebutuhan mereka. Kehadiran gadget yang tepat pun semakin esensial di tengah terjadinya transformasi digital, di mana pelanggan semakin bergantung pada teknologi untuk menjaga konektivitas, kreatifitas, dan produktifitas,” kata Amelia Iman, Vice President Computer, Laptop & Camera Category Blibli.

Pionir Ajang Award yang Independen

Gadget Champions juga menjadi pionir untuk ajang awarding yang tidak dipengaruhi brand dalam penyusunan pemenang untuk kategori utamanya. Murni dari penilaian tim redaksi dua media yang telah berpengalaman lebih dari 10 tahun di media digital, Dailysocial.id dan Yangcanggih.com.

Kami sepakat menghadirkan penghargaan yang benar-benar murni dari hasil penilaian tim redaksi yang secara total telah mengulas dan mencoba langsung lebih dari seratus gadget setiap tahunnya. Ini menjadikan Gadget Champions 2020 sebagai award gadget pertama di Indonesia yang benar-benar independen dari campur tangan brand teknologi,“ kata Kristian Tjahjono, Chief Editor Yangcanggih.com.

Selain itu, ciri khas lain dari Gadget Champions adalah fokusnya pada pasar teknologi di Indonesia. Salah satu kriteria utama untuk dinominasikan adalah produk tersebut harus masuk secara resmi di pasar Indonesia. Artinya, produk tersebut harus dipasarkan oleh distributor yang telah ditunjuk langsung oleh brand resmi.

Diadakan Dua Tahap Pemilihan

Gadget Champions 2020 diadakan dalam dua tahap. Selain penentuan pemenang dari tim penilai, juga dibuka pemilihan Gadget Champions 2020 versi pecinta gadget. Jadi para pecinta gadget akan dapat berpartisipasi memberikan suara dan pendapatnya dengan memilih brand dan gadget favorit di laman yangcanggih.com/vote.

Selain menjadi rujukan bagi para konsumen, Gadget Champions 2020 diharapkan dapat mendorong para pemilik brand dan pabrikan gadget untuk terus berinovasi dalam mengembangkan produknya. Serta, berkontribusi dalam memberikan value produk yang lebih tinggi bagi konsumen yang menggunakan produknya.

Gadget Champions 2020 Winners

Lewat proses pemilihan dan penilaian yang tidak mudah, telah terpilih pemenang untuk 32 kategori Gadget Champions 2020 yang terbagi dalam empat kategori besar, yaitu kategori smartphone, laptop, tablet, dan kamera digital. Berikut daftar lengkap pemenang Gadget Champions 2020.

Kategori Smartphone

Best Innovation 

Samsung Galaxy Fold Z2

Best for Vlogging

Vivo X50 Pro

 

Best Value

Realme C17

Best Design

Samsung Galaxy Z Flip

Best Flagship

Samsung Galaxy Note 20 Ultra

Best for Student

Realme 7 Pro

Best for Content Creation

Samsung Galaxy Note 20 Ultra

Best Camera

Huawei P40 Pro

Best for Gaming

ASUS ROG Phone 3

Best for Style

Apple iPhone 11 Pro Max

Best Under IDR 3 Million

Redmi Note 9

Best Between IDR 3-5 Million

OPPO Reno4

Best Between IDR 5-10 Million

ASUS ROG Phone 3

Best Beyond IDR 10 Million

Samsung Galaxy Note 20 Ultra

 

Kategori Laptop

 

Best Value 

Lenovo Ideapad Slim 3 1YID

Best Design

HP ENVY x360 Ryzen

Best Entry-level Gaming (Below IDR 20 Million)

HP Pavilion Gaming 15 - DK1064TX RTX 2060 MAX-Q

Best Gaming Laptop

ASUS ROG Zephyrus S17

Best for Work

HP Elitebook X360 1040 G6

Best Ultra Portable

Lenovo ThinkPad X1 Carbon Gen 8

Best for Content Creation

ASUS ProArt StudioBook Pro 17

Best for Student

Acer Swift 3 SF314-41

Best for Style

HP ENVY X360 13 AR0170 Wood

Best Innovation

Lenovo ThinkBook Plus IML

 

Kategori Tablet

Best for Education

Huawei Matepad T10s

Best for Work

Apple iPad Pro 4th gen 2020

Best for Entertainment

Samsung Galaxy Tab S7+

 

Kategori Kamera Digital

Best for Vlogging

Canon G7x Mark III

Best for Professional Photography

Fujifilm X-T4

Best for Videography

Sony Alpha A7s III

Best Mirrorless Entry Level

Fujifilm X-S10

Best Mirrorless 2020

Sony Alpha A7s III