1. Startup

Gadjian Gandeng KoinWorks untuk Pinjaman Karyawan

Hadir dalam fitur Benefide di situs Gadjian, bakal ada kerja sama dengan perusahaan lain

Platform penggajian Gadjian mengumumkan kolaborasi bisnis dengan p2p lendingKoinWorks untuk pasarkan pinjaman karyawan guna memberikan nilai tambahan bagi klien perusahaan Gadjian untuk para karyawannya. Kolaborasi ini hadir dalam modul Benefide yang dikeluarkan secara perdana oleh Gadjian.

"Benefide ini kami luncurkan dengan mitra perdana dimulai dari KoinWorks. Jadi dalam Benefide ini ada nilai tambah yang bisa perusahaan berikan kepada karyawannya, selain memberi gaji saja," tutur CEO dan Co-Founder Gadjian Afia R Fitriati, Kamis (3/5).

Menurut Afia, pinjaman karyawan adalah alat retensi yang bisa dimanfaatkan perusahaan agar karyawan tetap bisa fokus bekerja tanpa perhatiannya terganggu saat ada kebutuhan uang tiba-tiba. Bagi perusahaan mengeluarkan kasbon itu adalah beban tersendiri karena tidak termasuk anggaran inti.

"Tapi dengan kolaborasi ini perusahaan tetap memberikan benefit kepada karyawannya tanpa membebani keuangan perusahaan."

Pihaknya mengaku akan terus menambah benefit lainnya untuk para klien dalam modul Benefide. Seluruh benefit ini diharapkan akan memberikan daya tarik tersendiri buat para klien Gadjian, sekaligus upaya menarik klien baru.

Terhitung saat ini Gadjian telah memiliki klien sekitar 300-500 perusahaan dengan total karyawan mencapai 6-10 ribu orang.

Prosedur pengajuan

CEO dan Co-Founder KoinWorks Benedicto Haryono menambahkan untuk proses pengajuan pinjaman ini, sebelumnya tim HRD perlu mengaktifkan fitur pinjaman dalam dashboard-nya. Kemudian mengisi form dan di-submit langsung ke KoinWorks.

Dalam proses tersebut, KoinWorks akan melakukan penilaian sebelum menerbitkan MoU kepada klien. Setelahnya, karyawan dari perusahaan tersebut dapat langsung mengajukan pinjaman lewat dashboard mereka. Proses review akan kembali dilakukan selama satu hari kerja.

"Karyawan yang mau pinjam juga ada persyaratan standar, seperti minimal sudah bekerja enam bulan di perusahaan tersebut, statusnya masih aktif bekerja, berumur minimal 21 tahun dan menyerahkan dokumen KTP, KK, dan mutasi rekening tiga bulan," terang Benedicto.

Setiap karyawan yang mengajukan pinjaman ke KoinWorks, memiliki keuntungan dapat meminjam dana maksimal 6 kali di atas gaji, bunga 1-1,2% per bulan dengan tenor maksimal 12 bulan, dana pun dapat ditransfer di rekening manapun.

Besaran bunga yang dibayarkan ini, menurut Benedicto, cukup kompetitif apabila meminjam dengan cara yang reguler. Besaran bunga untuk pinjaman usaha berkisar antara 0,75-1,7% per bulan atau 9-20% per tahunnya.

Benedicto optimis perusahaan dapat melayani klien Gadjian seiring upayanya merealisasikan target penyaluran pinjaman hingga Rp1 triliun sampai akhir tahun ini. Hingga akhir April 2018, perusahaan baru merealisasikan penyaluran sekitar Rp170 miliar dengan total 50 ribu pendana.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again