1. Lifestyle

GadoGame.com, Portal Game Online Untuk Perangkat Mobile Anda

Anda pasti tidak akan kesulitan jika disuruh menyebutkan beberapa portal permainan web online: New Grounds, Armor Games hingga Kongregate merupakan sedikit contoh portal terpopuler. Namun web sejenis biasanya dirancang dari awal untuk diakses dengan browser PC, jarang sekali yang didesain untuk browser perangkat mobile. Tapi benarkah begitu?

Alasan mengapa tema 'free web games' di perangkat mobile kurang populer adalah karena ketersediaan pilihan permainan-permainan gratis yang ada di app store. Kita tahu baik di Apple Store maupun Google Play, game free-to-play mendominasi perangkat mobile. Menciptakan portal game web di sana bisa diibaratkan mencoba menantang sang marketplace raksasa dengan metode yang 'kurang populer'.

 

Info menarik: #NewAngryBirds Siap Meluncur

 

Tetapi ada portal game online untuk device mobile yang dinamakan GadoGame.com. Satu hal yang cukup spesial adalah disana adalah layanan ini bukan saja mengumpulkan permainan-permainan 'independen', tetapi juga menghadirkan beberapa title terkenal seperti Shuriken Block - dari para pencipta Flappy Bird - hingga Zombie Gateaway.

Beberapa yang sudah saya coba dan cukup mengasikkan adalah Shuriken Block, Blue Box Cannons and Soldiers dan karena kegemaran saya akan permainan 'kartu', saya juga menyukai Blackjack dan Magic Pond Solitaire. Ada lima buah kategori permainan yang bisa Anda nikmati. Selain dari kolom 'baru' dan permainan rekomendasi, Anda bisa memilih beberapa game petualangan, ber-genre arcade, puzzle dan game untuk wanita.

Semua permainan di dalamnya tersaji gratis. Tim web developer mendapatkan pemasukan dari iklan yang muncul saat Anda mengakses game - biasanya ia keluar saat pemain berada di peralihan level. Namun karena GadoGame.com memang dirancang untuk browser device mobile, ia kurang 'bersahabat' jika diakses dari browser PC. Beberapa permainan memang bisa dinikmati di sana, namun tidak sedikit yang menyuruh Anda untuk 'rotate your device'.

 

Info menarik: Broforce, Game dengan Parodi Jagoan Hollywood Diluncurkan Bulan Maret

 

Sayangnya sejumlah game tidak mengeluarkan suara jika Anda mengaksesnya dari Google Chrome di smartphone, padahal permainan yang sama masih bisa mengeluarkan theme-song sewaktu diakses dari browser PC - walaupun tidak bisa dimainkan.

Satu masukan yang tidak kalah penting adalah GadoGame.com membutuhkan fitur akun yang bisa dikembangkan dengan fungsi trophy dan achievement (walaupun saya bisa melihat bahwa scoreboard sudah tersedia di sana).

Tentu saja kelemahan terbesar dari portal game web ini adalah kita membutuhkan koneksi internet konstan. Dan itu berarti banyak orang di Indonesia yang enggan mengaksesnya, karena game offline yang mereka unduh dari app store terbukti lebih fleksibel untuk dimainkan di segala tempat.

Masih banyak ruang perbaikan yang bisa disempurnakan oleh pengembang GadoGame.com. Satu hal terakhir: mereka membutuhkan ide 'nakal' yang bisa membuat GadoGame.com berbeda dengan portal-portal web game lain - ide radikal yang membuat Kongregate berbeda dari Armor Games dan New Grounds. Entah pilihan konten ataupun fitur baru...

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again