Categories

Gadget

Galaxy Buds Pro Adalah TWS Paling Premium yang Samsung Punya Saat Ini

Janjikan kualitas suara dan kapabilitas ANC yang superior

Glenn Kaonang - 15 January 2021

Bersamaan dengan peluncuran Galaxy S21 Series, Samsung turut mengumumkan TWS baru bernama Galaxy Buds Pro. Didesain sebagai TWS yang paling premium dari semua penawaran Samsung, Buds Pro mengunggulkan kelebihan dari segi desain, kualitas suara, serta fitur active noise cancellation (ANC) yang efektif.

Kita mulai dari desainnya terlebih dulu. Secara umum, bentuknya lebih mirip Galaxy Buds Plus ketimbang Galaxy Buds Live yang menyerupai kacang. Buds Pro juga mengadopsi desain in-ear seperti biasanya ketimbang desain yang terbuka, akan tetapi Samsung telah menyempurnakan desainnya dengan cara mengurangi area kontak antara telinga dan perangkat, sehingga bisa meminimalkan rasa seperti kuping yang terbuntu.

Di saat yang sama, Buds Pro masih tetap mempertahankan sejumlah elemen desain milik Buds Live, utamanya finish bergaya metalik dan charging case yang menyerupai kotak perhiasan. Buds Pro juga hadir membawa sertifikasi ketahanan air IPX7, paling tinggi di seluruh lini Galaxy Buds.

Masing-masing earpiece-nya dihuni oleh woofer 11 mm dan tweeter 6,5 mm, dengan fokus pada penyajian kualitas suara yang berimbang antara low, mid, dan high. Kalau menurut Samsung sendiri, TWS ini cocok dipakai untuk menikmati musik hip-hop maupun musik klasik.

Samsung juga tidak lupa menyematkan teknologi Dolby Head Tracking ke Buds Pro demi mewujudkan pengalaman menonton yang lebih immersive. Cara kerjanya kurang lebih sama seperti teknologi spatial audio yang Apple terapkan pada AirPods Pro. Juga menarik adalah bagaimana pengguna Galaxy S21 dapat menggunakan Buds Pro sebagai mikrofon eksternal ketika sedang merekam video.

Bicara soal mikrofon, tiap-tiap earpiece Buds Pro dibekali tiga buah mikrofon (dua di luar, satu di dalam), lengkap beserta sebuah Voice Pickup Unit dan teknologi Wind Shield guna memastikan suara pengguna bisa ditangkap sejernih mungkin. Mic ini tentu juga dipakai untuk mewujudkan fitur ANC, dan Samsung mengklaim fitur ANC milik Buds Pro dapat mengeliminasi suara di sekitar hingga 99 persen.

Seperti kebanyakan TWS lain yang dibekali fitur ANC, Buds Pro turut dilengkapi mode ambient untuk membiarkan suara di sekitar jadi terdengar oleh pengguna. Menariknya, suara di sekitar ini juga dapat diamplifikasi hingga 20 desibel seandainya diperlukan. Lalu di saat pengguna berbicara, Buds Pro secara otomatis bakal mematikan fitur ANC dan mengaktifkan mode ambient, mirip seperti fitur yang ditawarkan oleh headphone Sony WH-1000XM4.

Dalam sekali pengisian, baterai Buds Pro diperkirakan mampu bertahan sampai 5 jam penggunaan, atau sampai 8 jam kalau fitur ANC-nya dimatikan. Charging case-nya di sisi lain sanggup menyuplai hingga 13 jam daya baterai ekstra, atau hingga 20 jam tanpa ANC. Selain menggunakan kabel, charging case juga dapat diisi ulang secara nirkabel.

Di Indonesia, Galaxy Buds Pro saat ini sudah bisa dibeli dengan harga Rp2.749.000, atau sebagai bonus pre-order apabila Anda membeli Galaxy S21 Ultra selama periode 14 - 27 Januari 2021. Pilihan warna yang tersedia ada tiga, yakni hitam, silver, dan ungu.

Sumber: Samsung.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter