13 September 2013

by Bambang Winarso

Galaxy S4 Tizen Belum Rilis, Samsung Sudah Siapkan Televisi dengan OS Tizen Tahun Depan

Tak bisa dipungkiri bahwa Android jadi raja sistem operasi di industri mobile, Samsung salah satu pemain yang memegang kendali di ranah smartphone tanpa melupakan Apple atau Nokia yang juga bertekad menjadi yang terbaik.

Meskipun berada di posisi nyaman di pasar Android, tak berarti Samsung berhenti sampai di situ, hal ini ditunjukkan dengan persiapan mereka merilis Samsung Galaxy S4 yang menggunakan sistem operasi Tizen dan rencana mereka meluncurkan televisi yang juga diotaki sistem operasi Tizen.

Co-CEO Samsung Boo-Keun Yoon mengatakan kepada CNET bahwa televisi dengan sistem operasi Tizen mungkin akan diperkenalkan paling cepat tahun 2014 nanti.

Dalam pernyataan Boo-Keun Yoon mengatakan bahwa Samsung ingin menciptakan ekosistem perangkat agar semua produk yang mereka ciptakan mulai smartphone dan home appliances salah satunya televisi dapat terhubung dengan seluruh perangkat Samsung. Nah, apakah ini artinya Samsung akan mulai beralih ke Tizen dan meninggalkan Android? Pernyataan Boo-Keun Yoon dapat dimaknai begitu, namun terlalu dini untuk mengambil kesimpulan meskipun kemungkinan ke arah itu selalu ada.

Dengan stigma yang tertanam pada brand Samsung sebagai penguasa Android, sebab hampir seluruh produk buatan perusahaan asal Korea Selatan ini menggunakan Android tentu bukan perkara mudah beralih begitu saja meninggalkan OS yang sudah menjadi bagian kesukesan Samsung dalam satu dekade terakhir.

Televisi berada di segmen yang berbeda dengan smartphone, itu sebabnya pengamat percaya bahwa rencana Samsung memproduksi televisi dengan OS Tizen lebih masuk akal sebab Samsung memang sudah mengandalkan sistem operasi sendiri di segmen ini ketimbang harus beralih secara total dari Android di segmen smartphone.

Jika televisi ber-OS Tizen baru hadir tahun depan, kira-kira Galaxy S4 Tizen-nya kapan ya? Belum ada informasi yang dapat disampaikan, untuk sementara sobat bisa lihat bocoran tampilan Tizen 3.0 di Samsung Galaxy S4 di sini.

Sumber berita techradar dan gambar header Cnet.