25 March 2014

by Yoga Wisesa

Galeri Pameran Controller dan Game 'Custom', Alt.Ctrl di GDC 2014

Bagi sebagian orang, istilah controller custom diartikan dengan model-model mouse ataupun gamepad edisi terbatas yang dirancang khusus untuk individu tertentu. Dalam pameran Alt.Ctrl.GDC, konsep custom dibawa pada tingkat yang lebih ekstrim: controller dan game di sana dibuat sedemikian rupa untuk gameplay dan fungsi khusus.

Alt.Ctrl.GDC adalah pameran di ajang GDC 2014 yang memamerkan permainan-permainan independen yang membutuhkan hardware dan periferal spesial. Dan di sana, kita bisa melihat bahwa ada 14 developer yang berkreasi gila-gilaan untuk menciptakan controller custom dan mereka sendiri - beberapa menggunakan bahan seperti kayu hingga tenda kecil. Dalam artikel ini, saya akan rangkum beberapa yang sangat menarik.

 

Info menarik: Project Morpheus Ialah Jawaban Sony Atas Kepopularitasan Oculus Rift

 

Yang pertama adalah Analog Defender. Ingatkah Anda pada permainan klasik Space Invader? Bekerja sama dengan desainer game indie bernama Alexander Martin, kreasi Patrick Dinnen ini menawarkan pengalaman 'perang melawan alien' dengan cita rasa yang lebih... analog. Pemain dituntut untuk memutar knop, mencolokkan jack dan menekan tombol dengan akurat untuk memberantas alien.

Tampilan grafis disajikan secara dua dimensi dengan visual dari abjad dan simbol-simbol komputer a la tahun 80-an. Jika dalam video game biasa memilih senjata hanya perlu menekan tombol, maka dalam Analog Defender, pemain harus mencabut dan mencolokkan jack kemudian memutar knop. Secara keseluruhan, Analog Defender sangat mirip dengan panel kontrol rudal nuklir.

Yang kedua adalah Canabalt 100p. Ini adalah versi ekstrim game web browser yang bisa Anda nikmati secara gratis. Jika dalam versi standarnya pemain hanya akan memainkan game tersebut dengan satu karakter, Anda bisa merasakan bagaimana kacaunya jika Anda harus mengontrol seratus karakter.

Khusus untuk game ini developer Adam Atomic menyajikan skema kontrol yang tidak biasa: Anda tidak akan menggunakan keyboard PC, Anda akan menggunakan keyboard organ.

 

Info menarik: LG Perkenalkan Bohlam Pintar yang Terintegrasi dengan iOS dan Android

 

Kemudian ada juga permainan Please Don't, Spacedog! yang disajikan dengan pendekatan sangat unik. Game ini memanfaatkan Oculus VR dan controller AKAI LPD8 MIDI dimana Anda harus memandu peliharaan anjing dalam mengendarai kapal ruang angkasa agar ia tidak merusaknya.

Tiap tombol membutuhkan input yang akurat, tapi Anda tidak bisa melihat tangan. Dan itulah yang membuatnya sangat menantang dan sangat lucu.

Yang menjadi favorit banyak pengunjung adalah Choosatron. Permainan ini menyajikan kontrol yang sangat sederhana dan penyampaian yang unik. Ia adalah sebuah alat kecil dengan kemampuan cetak bon. Hasil kertas cetak yang dikeluarkannya menyajikan sebuah cerita petualangan, dan Anda hanya perlu memilih satu dari empat tombol untuk meneruskan petualangan.

Choosatron adalah reinkarnasi permainan text-adventure yang muncul di komputer-komputer generasi awal. Namun bukannya disajikan dengan tampilan digital, semua teks muncul secara analog. Bukan hanya unik, ia juga memungkinkan pengguna untuk menciptakan petualangan mereka sendiri.

Permainan-permainan custom lain yang ada dalam Alt.Ctrl.GDC ialah A Dozen Sliders, Bonus Look, MCMC, Panoramical, Rakete, RGBriefcase, Rolfpillar, Slapfest, Tenya Wanya Teens dan Voxiebox.

Sumber: GDconf.com dan Engadget.com.