4 October 2013

by Bambang Winarso

Gambar Fitur Baru Android 4.4 Terlihat, Ada Preview Foto Mirip Instagram dan Beberapa Fitur Lain

Hari ini tepat satu bulan sejak pengumuman yang cukup mengejutkan atas Android KitKat, tiba-tiba muncul tanpa bocoran dan rumor yang biasanya jadi pemanasan setiap peluncuran Android, sekaligus menepis spekulasi banyak pengamat yang percaya Key Lime Pie akan jadi nama selanjutnya dari sistem operasi Android.

Dan semalam waktu Indonesia, seolah sengaja memilih tanggal yang sama, muncul screenshot bocoran fitur baru yang ditengarai bakal jadi amunisi baru di Android 4.4. Penampakan gambar fitur-fitur baru Android 4.4 ini pertama kali dipublikasikan oleh situs Gadgethelpline dan dengan cepat merebak ke media online di seluruh dunia.

Pertama, di bagian menu Settings ada beberapa menu tambahan seperti Wireless display dan Manage Mobile Plan yang ditempatkan di Wireless & networks. Ada satu perubahan kecil tapi cukup menarik adalah adanya fitur yang memungkinkan pengguna mencegah aplikasi untuk mengakses data secara berlebihan saat terhubung ke jaringan hotspot, fitur ini mungkin yang paling menarik perhatian saya, sebab selain dapat menghemat baterai juga dapat menghemat penggunaan data.

Masih di menu Settings, kita juga bisa lihat adanya menu Printing dan Payment system, yang menghadirkan pembayaran nirkabel NFC ke perangkat Android. Kemudian juga ada fitur Miracast.

Perubahan yang paling menonjol justru ada di bagian kamera yang nyaris menyerupai preview di Instagram, di Android 4.2 Google sudah banyak menambahkan fitur baru, dan di Androdi 4.4 ini pun mereka memberikan sentuhan baru  seperti Tilt-Shift dan Center Focus, Negative serta efek Posterize.

Kemudian dapat ditemukan juga menu yang menawarkan kemudahan untuk memodifikasi gambar lalu mengeksport hasil edit-an ke dalam ukuran yang berbeda dengan tampilan slider yang lebih baik.

Selain itu, di Android 4.4 ini terdapat pula fitur Printing yang dapat digunakan untuk mencetak gambar via jaringan printer atau menyimpan foto ke dalam format PDF. Mencetak foto kini jauh lebih mudah, sebab terdapat pengaturan ukuran kertas, warna, urutan cetak hingga jumlah salinan yang Anda inginkan.

Gadgethelpline juga menemukan adanya tambahan aplikasi Google Apps, Drive dan Keep yang seperti kita ketahui aplikasi ini memungkinkan kita untuk menyimpan berbagai dokumen perkantoran, salah satunya menawarkan fitur sinkronisasi ke layanan awan sehingga mudah diakses meski sedang dalam perjalanan.

Sekarang kita mau membuktikan betul tidak nama Key Lime Pie dulunya adalah nama Android 4.4 sebelum dikudeta oleh KitKat. Pembuktiannya ada di gambar ini:

Apa pendapat Anda setelah melihat gambar di atas? Yang pasti Android 4.4 KitKat ini masih mungkin mendapatkan fitur-fitur tambahan lain, meskipun rasa ingin tahu kian besar tapi kita harus bersabar sebab paling cepat baru bisa dirasakan di Nexus 5 yang dikabarkan hadir dalam waktu dekat.

Sumber berita Gadgethelpline via GSMarena.