1. Startup

Permainan "Adventure Of Jalak" Wujud Kepedulian Miracle Gates Studio untuk Jalak Bali

Sebagai wujud kepedulian terhadap jumlah populasi burung Jalak Bali yang semakin berkurang, Miracle Gates Studio meluncurkan permainan dengan judul "Adventure Of Jalak" tanggal 25 Oktober lalu dalam pagelaran Primakara XD Fiesta 2014. Miracle Gates Studio yang berangotakan Ferry, Ghany, Ilham, dan Orlando adalah salah satu hasil binaan inkubator bisnis STMIK Primakara Bali yang merupakan program unggulan untuk membimbing dan memfasilitasi mahasiswa dalam membangun usaha mereka di bidang teknologi.

Konsep permainan ini sangat sederhana, yaitu mencoba mengumpulkan sebanyak mungkin telur Jalak Bali. Tokoh burung Jalak Bali dalam permainan nantinya akan menghadapi berbagai macam rintangan. Selain mengumpulkan telur, pemain dapat mengumpulkan koin-koin dalam permainan. Permainan akan berakhir ketika tokoh terkena rintangan. Skor dinilai berdasarkan jarak yang berhasil ditempuh, jumlah koin yang terkumpul, dan jumlah telur yang terkumpul. Permainan ini diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran anak-anak muda tentang pentingnya mengamankan dan melindungi hewan langka satu-satunya milik Bali, yaitu Jalak Bali.

Orlando seperti dikutip Merdeka mengatakan, "Adventure of Jalak, bentuk pengemasan pesan dalam bentuk game dengan harapan dapat menjangkau masyarakat dari segala usia."

Saat saya mencoba bermain, sekilas kita akan teringat dengan permainan Angry Birds karena pada awal permainan akan disuguhkan cerita dalam bentuk komik. Setelah dimainkan ternyata cara bermainnya lebih mirip dengan Flappy Bird, tetapi rintangannya lebih bervariasi dan mungkin bagi sebagian orang akan lebih mirip dengan permainan petualangan Sonic di Sega karena kita juga dapat mengumpulkan koin-koin.

Permainan yang bertipe endless run atau berlari tanpa akhir ini masih dalam tahap pengembangan. Oleh karena itu saat ini kita baru bisa memainkan satu (Green Hills) dari tiga tempat (Green Hills, Beach, Dark Forest) yang seharusnya dapat dimainkan. Hal lain yang saya suka dari permainan ini adalah flash image saat akan masuk ke permainan yang sekilas memberikan pengetahuan mengenai tempat di Bali dan penempatan iklan yang tidak sembarangan. Iklan tidak akan muncul saat kita bermain game, tetapi baru muncul saat kita memilih menu belanja yang saat ini pun baru terdapat satu aksesoris untuk mendandani karakter dalam game.

Terakhir, pemain dapat memainkan game ini baik online maupun offline. Jika pemain memilih bermain secara online, maka pemain dapat memamerkan skor tertingginya ke facebook atau kepada teman-teman lainnya yang sedang bermain. Sedangkan jika memilih bermain offline, pemain tidak akan kehilangan skor yang telah diperolehnya karena seluruh database tersimpan di perangkat pemain.

Masih banyak yang dapat dikembangkan dari game ini, seperti fitur player versus player (PVP) yang sudah ada di menu namun masih belum dapat diakses dan perbaikan untuk opsi mematikan suara. Saat ini permainan "Adventure Of Jalak" sudah dapat di unduh melalui Google Play Store untuk perangkat Android.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again