22 November 2014

by Bambang Winarso

Game Android Pilihan 17 – 23 November 2014

Halo, jumpa lagi dengan kolom game Android pilihan. Seperti biasa kolom ini menjadi sajian pamungkas TRL di akhir pekan, menemani waktu istirahat Anda. Game-game Android yang jadi pilihan kita minggu ini datang dari satu kategori dan satu genre yaitu catur. Hobi catur kan? Bagus kalau begitu, ini dia beberapa pilihan yang bisa Anda coba.

Chess Free

Game catur Android yang pertama ini sudah sangat dikenal oleh gamer Android. Di game ini ada 12 level permainan dari mulai pemula hingga expert. Mode yang disediakan ada dua, Casual dan Pro. Ini oleh-oleh di update-an terbaru Chess Free. Seperti biasa di game ini dipertemukan dua pemain yang saling berhadapan untuk adu otak.

 

Info Menarik: Opera Mobile Store Ditunjuk Microsoft Sebagai Pengganti Nokia Store

 

Jika Anda lebih tertarik melawan mesin, maka untuk informasi saja mesin yang digunakan adalah tipe Treebeard Chess seperti yang digunakan oleh MSN Chess dari Microsoft.

Download: Google Play - Gratis

3D Chess Game

Game catur Android yang satu ini menonjolkan sisi grafis 3D-nya yang menarik. Dari sisi gameplay kurang lebih sama dengan Chess Free di atas. Pengembang juga menambahkan efek animasi dan efek suara guna menambahkan kesan reality walaupun kadang-kadang membuat proses berpikir menjadi terganggu.

Download: Google Play - Gratis

Chess Live

Chess Live cocok untuk pemain kelas pemula, bisa dimainkan oleh dua orang, orang melawan mesin atau secara online. Untuk permainan melawan mesin, Anda dapat menyesuaikan tingkat kesulitan dan secara bertahap dapat mencoba level yang lebih sulit. Game catur Android ini juga dilengkapi dengan efek visual dan suara.

Download: Google Play - Gratis

 

Info Menarik: Ulang Tahun, Indosat Perkenalkan Jaringan 4G-LTE

 

Tactic Trainer - chess puzzle

Game catur yang ini agak beda. Di dalamnya tidak menawarkan permainan kompetitif tapi lebih ke tutorial strategi bermain catur yang benar lewat simulasi-simulasi yang atraktif.

Sedikitnya ada 20 ribu taktik catur yang dipecahkan oleh game catur Android ini. Semuanya bisa Anda pelajari melalui simulasi yang diberikan. Perkembangan kemampuan Anda pun dicatat lewat skor dari setiap simulasi.

Download: Google Play - Gratis

Chess Master 2014

Berikutnya kita punya game catur Android yang lebih kompetitif dimana terdapat mode turnamen yang diikuti oleh 30 peserta. Tapi tenang, game catur ini tetap menawarkan level kesulitan yang beragam sehingga Anda bisa mengikuti turnamen di level mudah dahulu.

Ada pula mode latihan dengan 5 level kesulitan sebagai persiapan sebelum peperangan sesungguhnya. Selain pilihan game yang tak biasa, mode multiplayer Chess Master 2014 juga berbeda dimana bisa diikuti oleh lebih dari dua orang. Game Android catur ini cocok untuk semua level pemain walaupun tampaknya lebih condong ke yang sudah berpengalaman.

Download: Google Play - Gratis

Kelima game catur Android di atas menawarkan gameplay yang sama tapi masing-masing game menawarkan konsep yang berbeda. Beberapa mendapat tambahan sentuhan grafis yang lebih baik dan yang lain punya kelebihan di mode permainan.