Categories

Game

Game Duel Otak, Kuis Trivia yang Digarap Dengan Sangat Serius

Adam Ardisasmita - 28 October 2015

Game trivia berjudul Duel Otak kini sedang menjamur di masyarakat. Sebagian besar dari kita mungkin pernah memainkannya atau pernah mendapatkan invitasi untuk bermain Duel Otak. Aplikasi ini juga sempat menjadi top apps dan juga top grossing di beberapa store. Namun yang menarik, tidak banyak yang tahu bahwa Duel Otak bukanlah aplikasi buatan Indonesia.

Duel Otak merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh Feo Media, sebuah perusahaan pengembang casual and social game asal Stockholm, Swedia. Sekilas banyak yang ‘tertipu’ karena melihat judul game-nya menggunakan bahasa Indonesia, lalu pertanyaan dalam game sangat lokal, dan teman-teman kita banyak yang memainkan game ini.

Namun pada kenyataanya, game yang berjudul Quiz Duel ini sudah ditranslasi ke banyak bahasa untuk banyak negara. Jadi bisa kita acungkan jempol untuk tim yang berhasil melakukan pelokalan dengan sangat baik.

Tak hanya urusan lokalisasi bahasa dan konten, pengembangan game oleh Feo Media ini juga bisa dibilang cukup berhasil. Selain sukses di dunia digital, konsep game ini juga dibawa ke media lainnya.

Contohnya adalah di Jerman, Duel Otak atau nama aslinya Quiz Duel ini merupakan game pertama yang diangkat jadi program kuis di TV. Lalu Quiz Duel juga sudah tersedia dalam bentuk board game. Apa sih yang membuat game ini sukses di berbagai negara?

Duel Otak merupakan game yang penuh dengan unsur sosial. Selain itu, Duel Otak juga penuh dengan user generated content yang membuat tiap permainan memiliki experience yang unik. Unsur inilah yang menjadi kunci kesuksesan banyak aplikasi pendahulunya seperti Draw a Something yang telah diakusisi oleh Zynga.

Dalam Duel Otak, kita bertanding melawan musuh yang juga merupakan pemain lain. Pemain lain ini bisa saja teman kita di Facebook, teman yang kita add dengan memasukan username-nya, atau memilih musuh secara acak. Namun konsepnya adalah di sini kita akan bertanding dengan pemain lain secara asynchronous yang artinya bermain bergantian giliran.

Kita dapat memilih topik pertanyaan dan menjawab tiga pertanyaan terkait topik tersebut. Akan ada enam ronde yang bisa kita mainkan untuk menentukan siapa yang memiliki otak paling encer.

Duel Otak juga memiliki mata uang yang bisa kita tukarkan dengan opsi bantuan memilih jawaban. Fitur ini bisa mendorong penjualan in app purchase di dalam aplikasi. Ini mengapa Duel Otak sempat juga masuk ke 20 besar top grossing app di beberapa store.

Demikian sekilas bahasan tentang game Duel Otak, yang ternyata adalah aplikasi game yang telah dilokalkan di berbagai negara, bukan asli Indonesia serta beberapa penjelasan tentang mengapa game ini bisa berhasil di pasar aplikasi/game yang sudah sangat ramai.

Bagi yang ingin memainkan Duel Otak, game ini sudah tersedia untuk perangkat Android di Google Play, perangkat iOS di App Store, dan perangkat Windows Phone di Windows Store.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter