1. Lifestyle

Chocoarts Dapatkan Jutaan Rupiah dari Game Keto Adventure di Nokia Store

Jika membicarakan tentang game mobile, Indonesia menjadi salah satu negara yang masuk perhitungan. Bukan hanya sebagai konsumen tetapi juga sebagai produsen. Pengembang game lokal memiliki karya yang tidak kalah dari pengembang game dari negara lain.

Salah satu pengembang yang berhasil meraup pendapatan dari penjualan aplikasi game mereka adalah Chocoarts yang berasal dari Jakarta. Seperti yang dikutip dari TeknoJurnal, game mereka yang bernama Keto Adventure berhasil meraup sekitar € 1.500 (atau kurang lebih sekitar Rp. 19.000.000).

Game ini dirilis tanggal 1 Februari 2013 di Nokia Store, kalau melihat berita di TeknoJurnal yang dituliskan tanggal 4 Maret, berarti kurang lebih satu bulan Chocoarts berhasil mencapai angka penjualan tersebut. (Update: Ada tambahan informasi yang didapatkan bahwa angka penjualan ini dicapai dalam dua minggu).. Harga game dijual sebesar Rp 5.000 di Nokia Store.

Masih dari TeknoJurnal, disebutkan bahwa kontribusi keuntungan terbesar diperoleh dari versi try and buy yaitu sebesar € 1.241 dan sisanya dari versi. Try and buy berarti pengguna mencoba dulu secara gratis aplikasi dan akhirnya membeli versi yang berbayar. Chocoarts menggunakan layanan Flexion, sebuah platform untuk membantu pengembang game dan aplikasi di ranah mobile mendapatkan pemasukan dari aplikasi mereka.

Pengembang game lokal di Indonesia terus bermunculan, ada banyak game lokal yang bermutu baik yang tersedia di platform mobile atau flash. Toge Productions, Menara Games, Altermyth, Agate, Alegrium, Labu Games, adalah nama-nama dengan game yang populer di kalangan gamer, ada pula Tinker Games yang bersiap merilis game terbaru mereka atau Digital Happiness dengan game DreadOut.

Di sisi lain, Nokia menyediakan platform bagi para pengembang untuk membuat game yang dijual di Nokia Store. Nokia Indonesia pun tahun lalu aktif mendukung para game developer dengan berbagai lomba, tahun ini juga dimulai dengan kompetisi Asha yang juga jadi peluang bagi game developer.

Meski tidak ada informasi detail tentang dari mana negara pembeli game Keto Adventure berasal, apakah dari Indonesia, negara Asia atau wilayah lain, namun angka penjualan ini adalah salah satu indikasi baik atas perkembangan game khususnya bagi pengembang lokal.

 

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again