22 April 2015

by Glenn Kaonang

Game Online Ini Bisa Membantu Menghijaukan Bumi

Tidak bisa dipungkiri bahwa cukup banyak orang yang beranggapan negatif terhadap sebuah game. Yang paling umum, game dinilai sangat mudah membuat anak ketagihan, menggiring fokus sang anak sehingga ia bisa terus mengejar berbagai achievement yang ada dalam game tersebut.

Di tengah kontroversi yang tak kunjung berakhir tentang efek positif dan negatif sebuah game, muncullah JohnnyAppl. Gameonline ini ingin mengubah pandangan kita terhadap sebuah game, dimana ia mengemban misi untuk membantu menghijaukan Bumi.

Bagaimana caranya? Sebelum membahasnya lebih lanjut, ketahuilah bahwa JohnnyAppl merupakan sebuah gametrivia quiz yang bisa dimainkan secara cuma-cuma melalui web browser. Saat 150 pertanyaan quiz berhasil dijawab dengan benar, maka sejumlah uang akan didonasikan untuk keperluan menanam pohon di area yang membutuhkan.

Uang hasil donasi tersebut bisa Anda anggap sebagai gaji pekerja lokal yang menanam pohon di area-area seperti Ethiopia, Madagascar dan Haiti – area yang hutan-hutannya terus menggundul setiap tahunnya.

Info menarik: Improbable Ingin Permudah Proses Pengembangan Game Online

Lalu dari mana uang itu berasal? Dari para pengiklan yang memasang banner di situs JohnnyAppl. Pemasukan iklan kemudian akan diteruskan ke mitra JohnnyAppl, Eden Projects, yang mengutus dan membayar para pekerja lokal tersebut. Tidak cuma menghijaukan Bumi, JohnnyAppl dan Eden Projects juga membantu menyejahterakan keseharian penduduk lokal.

JohnnyAppl sendiri menawarkan set pertanyaan quiz dari bermacam topik, seperti geografi, fakta hewan, English vocabulary dan lain semacamnya. Terdapat laman profil untuk memantau berapa banyak pohon yang sudah Anda tanam, atau berapa kadar CO2 yang berhasil Anda bantu kurangi. Anda tidak cuma mengejar achievement di sini, tetapi juga membantu jalannya misi yang mulia.

JohnnyAppl saat ini masih berstatus beta, akan tetapi sudah ada lebih dari 5.000 pohon yang berhasil ditanam. Dukungan dari Persatuan Bangsa-Bangsa telah dikantongi, dan kini tim JohnnyAppl juga tengah menggalang dana di Indiegogo.

Untuk apa dana sumbangan dari para backer itu? Menurut pernyataan salah satu pencetus JohnnyAppl, Anton Doos, kepada CNET, sumbangan dari para backer ini akan dipakai untuk meng-upgrade server dan membiayai tim developer yang bertugas memperbaiki bug.

Jika Anda ingin ikut serta bermain sambil 'menyumbang', tidak ada salahnya mencoba memainkan JohnnyAppl. Game ini gratis dan bisa dimainkan langsung tanpa harus mendaftar akun terlebih dulu.

Sumber: JohnnyAppl dan CNET.