Categories

Game

[Game Playlist] Ulasan Singkat Project CARS Game of the Year Edition

Berjalan di sistem yang tepat, Project CARS Game of the Year Edition merupakan salah satu permainan balapan bervisual tercantik saat ini.

Yoga Wisesa - 1 August 2016

Setahun setelah 'mengaspal' di PC dan console, Slightly Mad Studios memutuskan untuk meluncurkan Project CARS Game of the Year Edition bulan Mei silam. Versi bundel ini menghidangkan lebih dari 50 mobil dan empat lintasan baru, disertai tidak kurang dari 500 update. Ia sangat cocok buat penggemar game balap yang belum sempat merasakan kreasi teranyar pencipta Need for Speed: Shift ini.

Tapi apakah fitur-fitur anyar juga termasuk perbaikan pada grafis serta gameplay? Hal itulah yang saya coba gali di artikel Game Playlist kali ini. Untuk mengeluarkan seluruh potensi permainan, saya percaya Project CARS Game of the Year Edition perlu dijalankan dari PC berspesifikasi mumpuni. Itulah peran dari notebook gaming MSI GS40 6QE.

Tidak ada branding khusus untuk versi Game of the Year, baik di iconshortcut desktop maupun di menu. Anda tetap disajikan tampilan, opsi kustomisasi dan mode permainan yang sama.

Keleluasaan setting merupakan salah satu elemen andalan game, Anda bisa mengutak-atik segala macam aspek kendaraan; dari mulai tekanan pada ban sampai sensitivitas setir. Selain itu, kita dapat mempersonalisasi permainan, membuatnya agar terasa seperti simulator sungguhan (ia mendukung puluhan tipe steeringwheel) atau ala arcade dengan steeringassist ditambah tampilan third-person.

Berjalan di sistem yang tepat, Project CARS  Game of the Year Edition merupakan salah satu permainan bervisual tercantik saat ini. Dengan mengaktifkan fitur Real Weather, game mampu mensimulasikan keadaan cuaca sesungguhnya di sirkuit tempat Anda bermain: kondisi berkabut Nürburgring, terik dan berdebunya Willow Springs, hingga rintik-rintik hujan yang membuat lintasan Sakitto International jadi sangat licin.

Bermain dalam sudut pandang orang pertama adalah cara favorit saya menikmati Project CARS. Dengannya, saya bisa melihat sisi interior mobil-mobil senilai jutaan dolar, bagaimana panel-panel canggih di sana merespons gas dan rem, hingga menyaksikan gerakan tangan alami dari sang pengemudi. Oh, Project CARS sudah mendukung headset VR Oculus Rift serta HTC Vive - terhitung mulai tanggal 12 Mei kemarin.

Sebagai pemula di permainan balap, berbagai kecelakaan spektakuler mendorong saya mempelajari banyak hal. Pertama, jangan segan-segan mengurangi tingkat kesulitan dan menyalakan fitur-fitur bantuan. Selain membuat Project CARS lebih bersahabat, difficulty yang tepat memastikan Anda lebih mudah menghafal tikungan dan mengingat faktor-faktor penting lain di arena pacu mobil.

Keunggulan lain Project CARS dibanding game sejenis ialah akses ke seluruh lokasi sirkuit dan pilihan mobil terbuka dari awal. Dengan begini, Anda bisa menjajal semuanya hingga menemukan kelas balapan serta kendaraan terfavorit - sangat penting sebelum memulai mode karier atau multiplayer. Pemain yang lebih pro tentu saja akan mengeksplorasi track lebih rinci dan fokus pada satu jenis mobil, menganalisis kapan harus mengerem dan kapan jangan ragu-ragu menekan pedal gas.

Project CARS Game of the Year Edition saya mainkan hanya berbekal keyboard SteelSeries MSI GS40, dan sejauh ini tidak ada keluhan karena konfigurasi tombol dan sensitivitas bisa disesuaikan sendiri oleh pemain. Demi mendapatkan sensasi mengemudi sungguhan, sangat disarankan untuk menggunakan steeringwheel. Versi PC mendukung lebih banyak model periferal ketimbang Xbox One maupun PlayStation 4.

Bagi para gamer PC, Project CARS merupakan salah satu permainan racing terbaik yang ada saat ini. Dengan keleluasaan kustomisasi dan setting, ia bisa dinikmati oleh semua kalangan gamer pencita balap - dari kelas casual hingga kawakan. Tapi saya tidak melihat peningkatan signifikan dari aspek gameplay maupun grafis dibanding versi standar.

Game of the Year Edition cocok dibeli jika Anda sama sekali belum memiliki Project CARS. Permainan tersaji di Steam seharga Rp 537 ribu.

Anda bisa menyimak galeri screenshot-nya di bawah:

Game Playlist adalah artikel gaming hasil kolaborasi MSI dengan DailySocial.

Game dimainkan dari unit notebook MSI GS40 6QE Phantom, ditenagai prosesor Intel Core i7-6700HQ, kartu grafis Nvidia GeForce GTX 970M, RAM 16, penyimpanan SSD 128GB dan HDD 1TB.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter