1. Lifestyle

Game Strategy RPG 'Vimala: Defense Warlods' Telah Hadir Untuk Pengguna iOS

Standar untuk kualitas game buatan pengembang lokal di Indonesia semakin hari semakin tinggi. MassHive Media yang merupakan pengembang game asal Bandung ini turut membuat standar yang tinggi untuk kualitas game di Indonesia dengan karya terbarunya yang berjudul Vimala: Defense Warlods.

Cukup melihat tampilan visualnya sekilas, kita akan langsung beranggapan bahwa game tersebut sudah sejajar dengan game-game nomer satu di dunia. Bahkan mungkin ada yang tidak menyangka kalau game tersebut buatan dalam negeri.

Vimala: Defense Warlods ini awalnya mencoba untuk menggalang dana melalui situs Kickstarter. Namun karena alasan internal, akhirnya MassHive Media memutuskan untuk membatalkan kampanye mereka dan mendanai sendiri game mereka untuk pengembangannya dan sudah tersedia di iTunes App Store bagi pengguna perangkat iOS.

Game Vimala: Defense Warlods merupakan game ber-genre turn-based strategy RPG yang dikombinasikan dengan tower defensegameplay. Banyaknya elemen di dalam game ini yang membuat Vimala: Defense Warlods terasa sangat dalam, kompleks, dan menantang.

Ada dua mode yang bisa kita mainkan, skirmish mode dan dungeon mode. Pada skirmish mode kita bertugas untuk mempertahankan kerajaan kita dari serangan musuh menggunakan pasukan yang bisa kita latih dan kembangkan. Kita juga bisa mengatur formasi dan strategi di dalam peperangan ini. Lalu untuk dungeon mode, kita bisa membuat grup untuk berpetualang ke berbagai dungeon yang tersedia lalu bertarung dengan musuh yang ada di tiap lokasi.

 

Info menarik: Bluesmart, Koper Pintar Yang Dilengkapi Pelacak, Charger dan Kunci Digital via Smartphone

 

Tak hanya gameplay-nya yang sangat kompleks dan dalam, tapi juga pengembangan pasukan dan equipment yang bisa digunakan sangatlah bervariatif. Ada 6 grade berbeda untuk equipment yang bisa kita gunakan dan kombinasikan untuk memberikan efek terbaik pada karakter kita. Tentu ini bukanlah hal yang mudah untuk bisa merancang sebuah game dengan sangat komplek dan memiliki banyak elemen seperti Vimala: Defense Warlods.

Lalu dari sisi visual harus diacungkan jempol karena game ini sangat rapih dan detil. Banyak sekali elemen-elemen kecil mulai dari gambar hingga efek visual dan animasi yang diperhatikan dengan sangat baik oleh MassHive media. Selain menambah hal positif pada user experience pengguna, ini juga menunjukkan keseriusan pengembangan game.

Beberapa hal yang bisa lebih dioptimalkan pada game ini antara lain adalah animasi karakter ketika melakukan serangan. Efek dari serangannya sudah baik, namun akan lebih seru jika pergerakan dari karakter yang melakukan tebasan pedang atau aksi lainnya dibuat lebih halus lagi.

Saya rasa secara keseluruhan game ini patut diapresiasi sebagai sebuah karya yang berkualitas. Mulai dari ide hingga eksekusi berhasil dilakukan dengan baik. Berbagai komponen di dalam game ini  juga cukup lengkap dan variatif.

Perbaikan pada fasilitas tutorial yang mengakarkan permainan yang kompleks ini pada para penggunanya saya pikir masih bisa di tweak. Ketika mencobanya, yang saya rasakan adalah tahapannya terlalu panjang, elemen yang dikenalkan di awal pun terlalu banyak sehingga sempat terasa jenuh sebelum mulai masuk ke fase pertarungan.

Menurut saya fasilitas tutorial game bisa dipecah-pecah jadi beberapa bagian, dimana bagian awal diutamakan untuk membangun impresi awal yang baik terlebih dahulu kepada penggunanya.

Tantangan berikutnya dari game ini adalah untuk bisa memasarkannya ke pasar global dan bisa sukses. Semoga MassHive memiliki strategi yang jitu atau rekan publisher yang bisa membantu mengorbitkan karya yang bagus ini.

Bagi yang ingin mencoba memainkan game ini, Vimala: Defense Warlods sudah tersedia di iTunes App Store.

http://youtu.be/y7QrGF9fgII

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again