1. Startup

Gamelan DJ, Aplikasi Musik yang Padukan Unsur Modern dan Tradisional

Salah satu pitch session dalam meetup ke-11 Bancakan 2.0 di Yogyakarta, Jumat kemarin menampilkan Kowplink Studio. Pada kesempatan tersebut, Kowplink mempresentasikan aplikasi pertama buatan mereka, Gamelan DJ.

Gamelan DJ merupakan sebuah aplikasi musik untuk Android yang menawarkan drum/beat, bass, synth, acapella serta lead harmonis dari saron pelog gamelan. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur seperti shout, sfx ditambah dengan 2 scratch deck menambah variasi irama yang dapat dimainkan.

Yang membuat aplikasi Gamelan DJ istimewa tentunya adalah adanya suara saron pelog gamelan yang dapat dipadukan dengan instrumen musik lainnya. Tidak hanya menghadirkan sebuah aplikasi musik yang sederhana, Gamelan DJ juga mengangkat unsur tradisional yang dipadukan dengan teknologi modern.

Menurut Selo Aji (programer) dan Egha (head audio) dari Kowplink, kesederhanaan merupakan salah satu poin penting dalam aplikasi musik mobile. Menurut mereka, pengguna aplikasi mobile mempunyai kecenderungan untuk langsung meng-uninstall sebuah aplikasi yang rumit dan susah navigasi-nya. Karenanya, mereka membuat aplikasi ini sederhana dan langsung dapat dimainkan tanpa adanya pengaturan sebelumnya.

Dalam mengembangkan aplikasi ini, tim Kowplink terdiri dari enam orang yakni Selo Aji (programer), Egha (head audio), Hendriastanto (graphic), Adit (sound design), Erryan (business dan legal) serta Lintang (project manager). Menurut Kowplink, pasar aplikasi musik mempunyai penggemar yang besar namun belum digarap secara maksimal.

Gamelan DJ dirilis bulan Juli lalu pada Gamelan Festival di Purna Budaya Jogja 2012 dan telah dapat diunduh melalui halaman Google Play. Berdasarkan masukan dari pengguna, Kowplink masih terus berusaha untuk menyempurnakan aplikasi ini, termasuk bukan tidak mungkin Kowplink akan menghadirkan versi aplikasi ini untuk platform lain.

Penasaran dengan aplikasi ini? Sebelum mengunduh Gamelan DJ, mungkin Anda bisa melihat video demo aplikasi Gamelan di halaman YouTube di sini.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again