Gameloft Gandeng Xiaomi dan ESL, Gelar Turnamen Esports Asphalt 9: Legends

Sebelumnya ESL sudah pernah menggelar turnamen Asphalt 9: Legends bernama ESL Mobile Open.

Gameloft dan Xiaomi lewat brand Black Shark baru-baru ini mengumumkan turnamen esports baru bertajuk Asphalt Esports Series. Sesuai judulnya, turnamen esports ini menggunakan game terbaru Gameloft yaitu Asphalt 9: Legends yang tersedia untuk platform iOS, Android, serta Windows 10. Ini adalah pertama kalinya Gameloft menggelar turnamen untuk seri Asphalt yang sangat populer.

Fase kualifikasi Asphalt Esports Series akan berjalan mulai tanggal 20 Mei 2019, dengan partisipan berasal dari pemain-pemain top 9 negara berbeda: Perancis, Jerman, India, Italia, Jepang, Korea Selatan, Spanyol, Inggris Raya, dan Amerika Serikat. Mereka dipilih berdasarkan peringkat tertinggi di dalam game Asphalt 9: Legends. Setelah melalui babak kualifikasi, pemain-pemain yang lolos akan terbang ke Jerman untuk menjalani babak Grand Final di acara Gamescom, bulan Agustus nanti.

Xiaomi Black Shark 2 | Sumber: Engadget

Gameloft bekerja sama dengan ESL yang merupakan esports organizer terbesar dunia untuk menggelar turnamen ini. Selain itu, Xiaomi juga akan menyediakan gaming smartphone terbaru mereka, Xiaomi Black Shark 2, sebagai perangkat gaming resmi di turnamen. Peserta yang menjadi juara berhak membawa pulang uang hadiah senilai 20.000 Euro, atau sekitar Rp323,6 juta.

Meski baru pertama kalinya digelar secara resmi oleh Gameloft, sebetulnya ESL sudah pernah menggelar turnamen esports Asphalt 9: Legends. Baru saja di bulan Maret lalu mereka mengumumkan turnamen bertajuk ESL Mobile Open yang mengusung tiga game sekaligus, yaitu Asphalt 9: Legends, Clash of Clans, dan PUBG Mobile. ESL bekerja sama dengan AT&T dalam turnamen tersebut.

Tahun pertama ESL Mobile Open akan terdiri dari tiga season, dan season pertama sudah mulai berjalan sejak 18 Maret. Babak final dari season pertama ini nantinya akan menjadi bagian dari acara esports Dreamhack Dallas. Season 2 dan 3 juga mendapat panggung yang tak kalah besar, yaitu di ESL One New York serta Dreamhack Atlanta.

Popularitas Asphalt 9: Legends memang begitu tinggi di kalangan penggemar mobile game. Hanya seminggu sejak dirilis, game ini dilaporkan telah memperoleh angka unduhan sebanyak 4 juta kali. Keterangan di Google Play pun menunjukkan bahwa game ini telah diunduh lebih dari 10 juta kali, meskipun tidak ada informasi angka pastinya.

Dengan popularitas sedemikian besar, wajar saja bila Asphalt 9: Legends kemudian tumbuh menjadi sebuah cabang esports. Akankah Asphalt 9: Legends mendorong esports bertema balap mobil berkembang pesat di platform mobile?

Sumber: Android Authority, ESL