18 October 2017

by Yoga Wisesa

Gamer Malaysia Jadi Saksi Peresmian MSI Concept Store Terbesar di Dunia

Dibukanya MSI Concept Store Malaysia ini adalah sebuah bentuk apresiasi dari MSI terhadap pencapaian para gamer profesional di negara itu.

Berbeda dari gerai retail biasa, concept store dikhususkan pada satu brand dan bukan cuma berfungsi sebagai lokasi penjualan. Di sana, pengelola betul-betul fokus untuk memberikan pengalaman, dan mempersilakan calon konsumen buat mencoba langsung produk mereka. Dan berbicara soal concept store gaming, Malaysia merupakan negara di Asia Tenggara yang paling beruntung.

Setelah cukup lama jadi buah bibir di kalangan gamer karena memang sulit merahasiakan agenda besar mereka dari publik, Micro-Star International akhirnya meresmikan concept store gaming pertamanya di Kuala Lumpur, sekaligus menjadi gerai retail MSI terbesar di dunia. Hadirnya flagship store ini secara langsung menunjukkan kepercayaan diri sang produsen hardware asal Taiwan sebagai brand gaming favorit gamer.

Silakan berkunjung ke Bukit Bintang Park, dan Anda akan menemukan pemandangan unik. Tepat diujung persimpangan, berdiri sebuah bangunan dua lantai yang terlihat sangat kontras dari lingkungan sekitarnya. Desainnya merepresentasikan hampir segala tema yang disajikan oleh produk-produk MSI: mengusung latar belakang warna hitam dengan pilar-pilar merah menyala, dikemas dalam rancangan asimetris.

Lapangnya pintu utama beserta jendela kaca berukuran lebar yang mendominasi bangunan ini memberi kesan terbuka dan mengundang pengunjung untuk datang. Anda bisa melihat segala aktivitas yang ada di sana dari luar - dan kesibukan para gamer tampak lebih menonjol lagi ketika matahari terbenam dan cahaya-cahaya artifisial menyala dari dalam.

Memang tidak menutup kemungkinan MSI akan membuka gerai berkonsep serupa di wilayah-wilayah lain, namun rasanya sulit menyamai pencapaian concept store pertama di Malaysia tersebut. Gerai ini menempati area paling strategis di Kuala Lumpur: berada di tengah-tengah pusat lifestyle, IT center (Plaza Low Yat) serta area turisme. Pejalan kaki, pengunjung kafe, bahkan para pengendara mobil yang melewati hotel The Federal Kuala Lumpur akan segera melihatnya.

Dibukanya MSI Concept Store Malaysia adalah sebuah bentuk apresiasi dari perusahaan hardware gaming terhadap pencapaian para gamer profesional di negara itu selama lima tahun ke belakang, sehingga memicu munculnya lebih banyak individu berprestasi.

Dalam sambutan singkatnya, global marketing director Sam Chen menyampaikan, "Merupakan sebuah kebahagiaan bagi saya menyambut Anda semua di peresmian ini. Pembukaan MSI Concept Store Malaysia ini jadi lebih meriah berkat kehadiran para partner. MSI sangat bangga melihat antusiasme serta kegembiraan para gamer terhadap inovasi yang kami tawarkan ini, khususnya di Malaysia."

Dalam sesi tanya jawab, tim MSI menjelaskan pada saya bahwa alasan mereka memutuskan untuk mendirikan flagship store terbesar di Malaysia ialah karena MSI melihat tingginya dukungan pemerintah terhadap eSport - melebihi negara asal mereka. Sam Chen bilang bahwa di sini, ekosistem eSport tumbuh secara eksponensial. Jawaban tersebut segera disambut oleh tepuk tangan meriah para pengunjung.

Dengan memiliki tempat spesial sendiri, MSI bisa melangsungkan 'agenda gaming' mereka sesuka hati, misalnya turnamen profesional atau amatir secara berkala, melakukan peluncuran produk, hingga sebagai tempat bertemunya para gamer dengan idola mereka. MSI mengakui, butuh waktu lama bagi perusahaan untuk mematangkan dan merealisasikan ide tersebut. MSI kabarnya menghabiskan waktu 18 bulan buat mengubah tempat yang sebelumnya merupakan restoran menjadi concept store.

Saat melewati pintu utama, para gamer segera disuguhkan panorama yang familier serta menarik: satu set simulasi balapan yang tersambung ke PC small form MSI, beragam jenis laptop (GL, GP, GE, GS, GT) dan desktop (Vortex, Aegis, Trident, Nightblade), motherboard-motherboard di dalam etalase kaca, rangkaian monitor gaming pertama garapan MSI, beragam periferal, hingga area virtual reality berbekal unit VR One di ujung ruangan.

Naik ke lantai dua, dan Anda akan tiba di arena eSport. Ruang ini dihuni oleh meja dan kursi gaming, area untuk broadcaster, beserta televisi dan over-head projector buat menampilan sesi pertandingan. Selain turnamen game, zona tersebut bisa dimanfaatkan untuk tempat pelatihan, event gaming atau peluncuran produk, gathering gamer, sampai lokasi 'nonton bareng' event eSport.

Pembukaan MSI Concept Store di Bukit Bintang Park Kuala Lumpur pada tanggal 16 Oktober 2017 kemarin turut dimeriahkan oleh para kehadiran selebriti gaming Malaysia, mini-tournament, kompetisi Dota 2, serta peluncuran perangkat gaming baru yang mempunyai ukuran ala home console dengan performa hardware kelas PC high-end - MSI Vortex G25.