1. Lifestyle

Games for Windows Live Akan Ditutup Selamanya?

Setelah terdengar kabar bahwa mantan bos Steam pindah ke Microsoft, kemudian Microsoft akhirnya memutuskan untuk menutup layanan marketplace Games for Windows, Microsoft tampak sengaja membocorkan sebuah berita yang cukup mengejutkan: Microsoft berencana akan menonaktifkan fitur Games for Windows Live pada game-game mereka mulai pertengahan tahun depan.

Berita ini sama sekali belum dikonfirmasi oleh Microsoft, namun kejadian ini cukup lucu dan saya sangat berterimakasih pada The Escapist Magazine dan PC Gamer yang telah mengabadikannya secara digital. Informasi ini pertama kali muncul di update Age of Empires Online dimana Microsoft menyebutkan bahwa, “Games for Windows Live akan diberhentikan terhitung tanggal 1 Juli 2014, Age of Empires Online membutuhkan fitur Games For Windows Live untuk berjalan. Anda tetap dapat bisa menikmati semua fitur dalam Age of Empires Online karena game ini tetap beroperasi 100% hingga 1 Juli 2014, dimana kami berencana akan menutup servernya.”

Namun tampaknya Microsoft buru-buru meralat berita ini, bahkan jika Anda mengklik link di atas, informasi ini telah mereka hilangkan dari update Age of Empire Online. Kemudian mereka mengeluarkan sebuah pengumuman baru yang menyatakan bahwa “Games For Windows Live akan berjalan seperti biasa.” Sayangnya, dari perubahan, ralat, dan pengumuman-pengumuman baru yang Microsoft berikan malah memperkuat asumsi kita tentang keinkosistensian mereka. Meyakinkan konsumen bahwa mereka tetap akan melakukan apa yang telah Microsoft rencanakan.

Ada pepatah, apa yang telah diunggah di internet akan selamanya berada di sana. Seorang user Twitter @retroremakes men-screetshot update ini sebelum Microsoft menggantinya. Terpujilah Sang Dewa Internet!

Berarti ada dua kesimpulan yang bisa kita ambil dari berita di atas. Pertama adalah apapun klaim Microsoft tetang kesuksesan metode free-to-play dalam Age of Empires Online mereka pada nyatanya tidak mampu menyelamatkan game ini dari keterpurukan. Yang kedua ialah Anda harus bersiap-siap untuk menyambut penutupan Games For Windows Live.

Penghapusan Games For Windows Live (GFWL) mungkin adalah saat yang paling ditunggu-tunggu mayoritas gamer di dunia, namun pertanyaannya adalah: apa yang terjadi dengan game-game ber-GFWL yang kita miliki? Apakah kita akan mendapatkan sebuah update terakhir yang memusnahkan fitur ini selamanya, atau malah terjadi sebuah malapetaka besar dalam sejarah gaming – kita malah tidak bisa memainkan game-game ini lagi? Kita hanya bisa berdoa dan berharap yang terbaik.

Susah bagi kita untuk tidak berpikir bahwa hal ini tidak berhubungan dengan penutupan marketplace Games For Windows dan masuknya Jason Holtman ke Microsoft.

Sumber gambar: PC Gamer.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again