Hari ini (2/12) salah satu aplikasi messenger populer di Indonesia, BlackBerry Messenger (BBM), secara resmi mengumumkan kehadiran BBM Shopping. Salah satu portofolio EMTEK, Bukalapak, digandeng sebagai mitra dalam layanan BBM Shopping ini dan memilki peluang untuk memperluas jaringan ke lebih dari 60 juta pengguna BBM di Indonesia. Dengan peluncuran BBM Shopping, artinya para pengguna BBM tinggal menunggu satu lagi layanan yang dijanjikan untuk hadir, yaitu BBM Travel.

Sejak menjalin kerja sama strategis dengan EMTEK melalui anak perusahaannya, BBM memang terus membenahi layanannya agar tetap kompetitif di pasar Indonesia – pasar dengan lebih dari 60 juta pengguna BBM berasal dari total 90 juta yang ada di dunia. Akhir November silam, BBM pun mengumumkan untuk menambah dua layanan baru, yakni BBM Shopping dan BBM Travel. Sebelumnya, BBM juga menambah layanan BBM Discovery dan pembelian voucher.

Hari ini, BBM Shopping meluncur lebih dahulu dari BBM Travel dan menggandeng Bukalapak sebagai rekanan. Melalui kerja sama ini, pengguna Bukalapak dapat mengubungkan akun online yang dimiliki ke layanan BBM Shopping dan pengguna baru hanya perlu menyiapkan akunnya satu kali saja dan tidak perlu login ulang untuk melakukan pembayaran nantinya melalui BBM.

CEO Bukalapak Achmad  Zaky mengatakan, “Kami bangga untuk mengumumkan kolaborasi antara Bukalapak dan BBM sebagai bagian dari komitmen kami untuk terus memberikan pengalaman online shopping yang lebih baik. […] Lewat fitur yang sederhana, mudah, cepat, dan efisien dari BBM Shopping, saya yakin kolaborasi ini akan mendorong masyarakat untuk bergabung dan ambil bagian dalam online marketplace.”

Sejak hadir pada Agustus 2005, BBM memang telah berkembang dari sekedar aplikasi pesan menjadi sebuah aplikasi sosial dengan beragam fitur. Beberapa di antaranya adalah BBM Game Center, BBM Pulsa/PLN, BBM Voucher, dan yang terbaru BBM Shopping sebagai fitur untuk belanja online melalui Bukalapak. BBM Shopping sendiri nantinya akan didukung oleh fitur BBM Checkout untuk pembayaran.

“Kami akan mentransformasikan BBM dari aplikasi pesan biasa antara dua orang menjadi platform mobile yang canggih dan merek-merek tidak hanya dapat melakukan interaksi dengan para konsumen, tetapi juga dapat mendorong pembelian dari para penggunanya. Kami juga akan mengurangi waktu checkout pengguna dengan proses yang lebih efisien untuk meningkatkan konversi penjualan bagi pedagang  dan mengurangi kemungkinan para pengguna untuk meninggalkan keranjang belanja mereka,” ujar Matthew Talbot, CEO Creative Media Works, perusahaan yang mengoperasikan dan menjalankan BBM secara global.

Talbot menambahkan, “BBM [akan] terus berupaya mengembangkan fitur dan layanan baru untuk memberikan kemudahan bagi para pengguna dan nilai tambah untuk para mitra kami, dengan segera memperluas platform komunikasi untuk para pembeli dan penjual BBM Shopping melalui BBM Chat. Hal ini guna menciptakan pengalaman yang lebih mengesankan dan menarik untuk para pengguna.”

Ke depannya, berbagai startup portofolio EMTEK juga direncanakan untuk dapat terhubung dengan layanan BBM. Sebagai informasi, EMTEK sendiri telah berinvestasi di beberapa startup yang bergerak di sektor e-commerce seperti Bukalapak, Bobobobo, dan HijUp.

Application Information Will Show Up Here
Application Information Will Show Up Here

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.