Semenjak mengakuisisi Periscope, Twitter terkesan jadi lebih berfokus pada live streaming. Tidak ada yang salah dengan hal ini, malahan Twitter bisa menyuguhkan konten yang lebih bervariasi, sekaligus mendapatkan penghasilan ekstra. Tidak lama lagi, variasi konten tersebut bakal semakin diperkaya lagi berkat kemitraan Twitter dengan ESL dan DreamHack.

Sebagai wujud dari kerja sama ini, Twitter akan diberi hak untuk menyiarkan live streaming turnamen-turnamen esport di sepanjang tahun 2017. Setidaknya ada lebih dari 15 event yang bakal disiarkan dari seri ESL One, Intel Extreme Masters (IEM) dan DreamHack, dan semua ini nantinya bisa dinikmati oleh semua pengguna Twitter, baik dari web maupun perangkat mobile.

Selain kompetisi-kompetisi gaming bergengsi tersebut, Twitter rupanya juga akan menyiarkan konten orisinil produksi ESL yang mencakup acara berdurasi 30 menit yang berisikan ulasan maupun adegan-adegan behind-the-scene selama event berlangsung. Tentu saja, konten-konten ini juga bakal disiarkan secara live.

Kerja sama ini menurut saya sama-sama menguntungkannya bagi Twitter maupun ESL. Buat Twitter, mereka bisa menawarkan spotspot iklan yang berujung pada pendapatan ekstra, sedangkan buat ESL, mereka dapat menjangkau lebih banyak penonton berkat user base Twitter yang amat besar.

Turnamen pertama yang akan disiarkan secara langsung oleh Twitter adalah Intel Extreme Masters Katowice, dimulai pada tanggal 4 Maret besok. Live streaming-nya bisa disaksikan secara global melalui aplikasi Twitter, atau dengan mengunjungi situs-situs berikut: esl.twitter.com, iem.twitter.com dan dreamhack.twitter.com.

Sumber: TechCrunch dan PR Newswire.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.