Categories

Mobile

Gandeng Intex Technology, Mozilla Rilis Smartphone Berbasis Firefox OS Seharga $33 di India

Bambang Winarso - 27 August 2014

Janji Firefox menghadirkansmartphone murah berbasis Firefox OS di India dibuktikan dengan merilis sebuah smartphone seharga $33. Smartphone murah ini terwujud berkat kerjasama Mozilla dan Intex Technology, sebuah perusahaan teknologi lokal India. Tak heran perangkat tersebut menggunakan gabungan keduanya sebagai nama, Intex Cloud FX.

Smartphone Intex Cloud FX sudah barang tentu menggunakan sistem operasi Firefox OS yang merupakan buah karya Mozilla. Memiliki fitur dual SIM dan prosesor dengan kecepatan clock 1GHz. Memori internal 4GB dapat diperluas berkat ketersediaan slot microSD.

Smartphone Intex Cloud FX dirancang untuk pengguna feature phone yang belum mencicipi perangkat smartphone. Faktor harga menjadi faktor penentu paling besar bagi konsumen ini.

 

Info Menarik: Archos Bersiap Rilis Smartphone Windows Phone 8.1 Perdana, Archos 40 Cesium

 

Seperti yang dikutip dari Phonearena, setidaknya masih ada 70% pengguna feature phone yang belum tersentuh oleh smartphone di India, masih sangat luas dan Mozilla menargetkan hanya 1% pangsa pasar total.

Demi memberikan keleluasaan bagi pengguna smartphone murah berbasis Firefox OS, Mozilla mengklaim telah memiliki koleksi lebih dari 5000 aplikasi. Namun khusus untuk smartphone Intex Cloud FX tersedia sedikitnya 1000 aplikasi untuk diunduh oleh pengguna.

Diungkapkan oleh Mozilla, Firefox OS sangat cocok diintegrasikan untuk smartphone ultra-low-costs yang harganya bisa mencapai $25. Smartphone Android cukup sulit dapat menyaingi harga ini. Salah satu komponen vital yang membuat Firefox OS dapat dijual dengan sangat murah adalah chipset Spreadtrum.

Kemudian penggunaan HTML5 memungkinkan perangkat untuk berjalan dengan konsumsi memori yang sangat minimum, sehingga sangat pas dipasangkan ke perangkat dengan RAM 12MB sekalipun.

Namun terlepas dari kemampuan Firefox OS untuk meminimalisir konsumsi memori, predikat Mozilla sebagai organisasi non profit menjadi salah satu faktor penting yang mempengaruhi harga perangkat berbasis Firefox OS, sebagaimana disampaikan oleh Jane Hsu, direktur pemasaran produk Mozilla Taiwan kepada WSJ.

Di tanah air, Mozilla juga sudah punya rencana, Mozilla menggandeng lebih banyak operator dan vendor pembuat ponsel, termasuk di dalamnya Telkomsel, Indosat, dan Polytron. Saat ini produk-produk berbasis Firefox OS telah tersedia di 15 negara dan 21 operator. Polytron akan bergabung dengan jajaran vendor partner Firefox OS, yaitu Alcatel, ZTE, Huawei, dan LG.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter