Dalam beberapa kesempatan, para investor dan pelaku startup kerap menyebutkan bahwa healthtech, industri teknologi kesehatan, bakal menjadi salah satu sektor menjanjikan yang bisa dikembangkan startup. Masih minimnya kemudahan dan fleksibilitas dari layanan kesehatan konvensional di tanah air, memberikan celah kepada pengembang hingga pelaku startup untuk menghasilkan layanan berbasis digital di bidang kesehatan.

Untuk mendukung lebih banyak pelaku startup dan ekosistem berkembang lebih cepat, H-Cube coworking space yang secara khusus menargetkan startup di kategori kesehatan, gaya hidup dan life science, bersama dengan Kejora Ventures telah menyetujui Nota Kesepahaman (MoU) untuk kemajuan healthtech di Indonesia.

Fokus utama dari kerja sama ini adalah membentuk komunitas Healthtech 1.0. Acara peresmian tersebut turut dihadiri Dr Ivan Rizal Sini, SpOG (Komisaris BMHS), Sebastian Togelang (Founding Partner Kejora Ventures), Dr Bimantoro (Founder Prosehat), Christina (Founder Medis Online Indonesia), dan Alva Erwin (Big Data Expert).

Kepada DailySocial, Community Manager H-Cube Herman Sutiono mengungkapkan komunitas ini bisa menjadi wadah yang tepat untuk pelaku startup yang serius untuk menciptakan inovasi di bidang kesehatan sekaligus menjadikan healthtech sebagai sektor startup yang memiliki potensi cerah di masa mendatang.

Healthtech  community adalah komunitas yang di harapkan di penuhi oleh seluruh penggiat startup kesehatan, baik yang sudah mendapatkan pendanaan atau masih melakukan bisnis secara boostrapping untuk saat ini.”

Menggandeng Kejora Ventures

Masuknya Kejora Ventures mendukung komunitas healthtech diharapkan bisa menambah dukungan serta perluasan informasi untuk merangkul lebih banyak talenta muda yang memiliki ketrampilan dan produk yang relevan dengan dunia kesehatan.

“Saya harap ini adalah permulaan dari bangkitnya healthtech di Indonesia. Kita menggabungkan ide-ide, pikiran serta tenaga,” tambah Sebastian.

Sebagai langkah awal, komunitas healthtech bakal menggelar berbagai kegiatan yang terintegrasi. Hal ini untuk mempermudah para pelaku startup mendapatkan informasi, bertemu dengan pihak terkait yang relevan, dan membuka lebih banyak kesempatan talenta muda melakukan eksplorasi terhadap layanan kesehatan di Indonesia.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.