10 December 2014

by Yoga Wisesa

Gandeng Lazada, Phablet Spesialis 'Selfie' Alcatel Siap Ramaikan Hari Belanja Online Nasional

Kiprah Alcatel di lini mobile device dimulai semenjak perusahaan telekomunikasi Perancis itu bekerjasama dengan TCL asal China di tahun 2004. Alcatel sudah melepas puluhan tipe handset. Namun di pasar smartphone Indonesia, namanya tak sering disebut. Dan Alcatel sepertinya telah menemukan cara unik untuk memperkenalkan phablet baru mereka.

Tahukah Anda, Indonesia ternyata mempunyai Hari Belanja Online Nasional? Dan hari tersebut akan jatuh Jumat besok pada tanggal 12 Desember 2015. Untuk meramaikannya, Alcatel mengumumkan One Touch Flash, yang diklaim sebagai 'smartphone selfie terbaik di dunia'. Kita tahu banyak produsen mengumbar janji tersebut, tapi cuma sedikit yang mampu menepatinya.

Alcatel One Touch Flash merupakan handset berlayar 5,5-inci, ditargetkan untuk pasar kelas menengah. Rancangannya simpel, ia tak mencoba menyamai produk rival yang lebih terkenal. Demi memantapkan identitasnya, Alcatel memutuskan untuk mengusung desain ramping. One Touch Flash hanya memiliki ketebalan 8,1 milimeter; dipadu ukuran lebarnya, ia memberikan kesan sangat tipis.

Bagian modul kamera memang sedikit lebih tebal. Di sana ada sensor 13-megapixel berkemampuan rekam video 1080p di 30 frame per detik. Kamera depan One Touch Flash sebenarnya masih menggunakan sensor 5-megapixel sebagai standar video call. Di acara peluncurannya, saya hanya mencoba beberapa kali dan belum bisa memberi penilaian.

 

Info menarik: [Review] Smartfren Andromax G2 Limited Edition

 

Yang jelas, sang produsen telah menambatkan sebuah fitur bernama Smart Beauty Enhancement. Ia dapat memoles wajah secara real-time saat gambar diambil, dan Anda tidak perlu lagi melakukan pengeditan foto. Selain kemampuan kamera, hardware pendukung One Touch Flash juga cukup mumpuni untuk produk kelas menengah, dimana persaingan berjalan sengit.

Phablet ini berjalan di platform Android 4.4.2 KitKat, ditenagai system-on-chip MediaTek MT6592M dengan prosesor delapan-core ARM Cortex-A7 1400Mhz, GPU Mali-450 MP4, RAM 1GB, dan memori internal 8GB (bisa diekspansi sampai 32GB). Lalu ada konektivitas Wi-Fi, Bluetooth 4.0, serta GPS.

Memang ada anggapan bahwa pemilihan MediaTek ditujukan untuk menekan harga handset. Namun delapan-core masih terbukti ampuh, game bergrafis intens seperti Real Boxing berjalan sangat mulus. Dan SoC serupa juga digunakan oleh Xiaomi Redmi Note.

Ada beberapa fitur yang Alcatel banggakan dalam One Touch Flash. Pertama ialah teknologi Hotknot. Ia memungkinkan transfer data ke sesama smartphone Alcatel. Awalnya saya pikir Hotknot adalah evolusi terkini NFC, tapi sebetulnya ia memanfaatkan Wi-Fi. Syaratnya, kedua handset harus berada di satu koneksi Wi-Fi. Hebatnya lagi, One Touch Flash dapat terkoneksi ke dua channel Wi-Fi, dan secara otomatis beralih dan mencari yang terbaik.

 

Info menarik: Sambangi India, Samsung Galaxy Core Prime Dibanderol Mulai $151

 

"Alcatel One Touch Flash menawarkan beragam fitur menarik, performa luar biasa dan dilengkapi dengan desain menawan untuk memenuhi gaya hidup dan kebutuhan generasi smartphone yang mengekspresikan dirinya melalui foto selfie," tulis Eko Susanto, Country Marketing Manager TCT Mobile Indonesia, di press release.

Di awal acara, para tamu disuguhkan sebuah video promosi lucu: One Touch Flash menjelma menjadi robot dan bertarung melawan smartphone bertuliskan 'Note' dengan frame hitam dan background layarmerah. Entah apa hanya saya saja, sang lawan mengingatkan pada bentuk Redmi Note (video dapat Anda simak di bawah).

Dan menariknya lagi, pre-order Alcatel One Touch Flash dilangsungkan melalui situs belanja yang sama tempat flash-sale produk Xiaomi dilaksanakan. Smartphone ini dibanderol seharga Rp 2,5 juta. Tapi jika turut serta dalam pre-order di Hari Belanja Online Nasional tanggal 12 sampai 28 Desember di situs belanja Lazada besok, ia bisa dibeli seharga Rp 1,9 juta.