Categories

Berita

Gandeng Xura, Telkomsel Terapkan Teknologi untuk Membasmi SMS Spam

Solusi Spam Shield diharapkan bisa mengurangi hingga 30 persen spam dalam jaringan Telkomsel

Prayogo Ryza - 29 June 2016

Untuk mengurangi adanya SMS sampah (spam) dalam jaringannya, Telkomsel dikabarkan telah menggandeng Xura untuk mengimplementasikan teknologi Spam Shield ke dalam sistemnya. Spam Shield diharapkan bisa mengontrol dan mendeteksi otomatis SMS spam dan memblokirnya untuk melindungi pengguna Telkomsel dari ancaman yang lebih besar dengan teknologi pendeteksi yang dinamis.

Seperti kita ketahui bersama, selama beberapa tahun belakangan banyak aktivitas SMS spam yang dilakukan oleh pihak-pihak tidak bertanggung jawab. Bahkan banyak yang berujung pada aktivitas penipuan. Ancaman spam ini disebutkan sulit untuk dideteksi dan dikontrol oleh banyak operator. Sehingga akhirnya banyak pengguna menggunakan aplikasi spam filter di perangkat mereka.

Dengan jumlah pengguna yang mencapai 153 juta, Telkomsel ingin memberikan meningkatkan kualitas layanannya dengan menekan angka SMS spam yang diterima penggunanya. Mengandalkan kemampuan deteksi canggih dan dinamis dari Spam Shield Telkomsel berharap bisa menekan angka SMS spam sebanyak 30% dari pengguna.

Selain kontrol dan deteksi otomatis, Spam Shield juga dilengkapi dengan kemampuan mengenali pola baru dari spam sehingga bisa menyesuaikan deteksi dan kontrol dengan ancaman yang terus berubah secara real Time. Untuk Xura, ini bukan kerja sama pertama mereka dengan Telkomsel, sebelumnya Xura juga berperan dalam pemasangan sistem SMSC dan MMSC.

Vice President of IT VAS dan Corporate Service Solution and Management Telkomsel Asep Septiana menjelaskan Spam Shield telah mengurangi upaya dan campur tangan manusia yang sebelumnya dibutuhkan untuk mengoperasikan dan pengelolaan spam. Spam Shield selain ditujukan untuk melindungi pelanggan juga bermanfaat untuk mengoptimalkan monetize untuk iklan SMS di bidang yang tepat.

“Dengan Spam Shield milik Xura Telkomsel telah Amu menerapkan penyaringan pesan tingkat lanjut yang dapat mendeteksi pesan spam delapan kali lebih baik dibanding dengan teknik penyaringan tradisional, termasuk spam yang diterima melalui layanan pesan IP atau OTT. Ini memberikan fleksibilitas yang diperlukan untuk memisahkan pesan spam, menawarkan deteksi otomatis kampanye SMS, dan spam blocking berdasarkan sistem algoritma heuristic untuk menghadapi ancaman spam dinamis. Semua itu akan bisa dimonitor dan dilacak melalui spam reporting tool kami, Xura Analytics, sehingga Telkomsel bisa menganalisis dan melakukan aksi sesuai kebutuhan dan secara real time, ” papar SVP & Managing Direktor Asia Pasifik Xura David Khoo.

 

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter