Categories

Gadget

Trio Smartwatch Terbaru Garmin Manjakan Atlet Lari Sekaligus Penggiat Olahraga Kasual

Glenn Kaonang - 23 October 2015

Garmin sudah lama bereksperimen dengan jam tangan. Di tangan mereka, sebuah arloji bisa berganti peran menjadi instruktur pribadi seorang atlet lari. Itulah konsep dasar yang dibawa lini Garmin Forerunner. Kini, Garmin ingin deretan arloji GPS-nya bisa menarik perhatian publik yang lebih luas.

Dari situ lahirlah tiga arloji GPS baru yang akhirnya juga pantas dicap sebagai smartwatch: Garmin Forerunner 230, Forerunner 235 dan Forerunner 630. Sepantas apa? Well, ketiganya kompatibel dengan platformsmartwatch Connect IQ milik Garmin, memungkinkan pengguna untuk mengganti watch face, meng-install aplikasi maupun widget ekstra.

Ketiganya juga bisa berkomunikasi dengan aplikasi Garmin Connect versi terbaru yang kini tampak lebih modern dan berfitur lebih lengkap. Fitur-fitur esensial seperti mengontrol musik, notifikasi atau berbagi data pencapaian olahraga semua hadir di sini.

Info menarik: Fossil Ungkap Smartwatch Perdananya Beserta Tiga Perangkat Wearable Lain

Dari segi hardware, Forerunner 230 dan Forerunner 235 sebenarnya sama persis, hanya saja Forerunner 235 punya sensor laju jantung, sedangkan Forerunner 230 tidak. Sensor optik ini merupakan hasil rancangan Garmin sendiri, sanggup memonitor laju jantung bersamaan dengan pengukuran parameter lain.

Saat dipakai dalam mode training, Forerunner 235 bisa bertahan sampai 11 jam, sedangkan Forerunner 230 sampai 16 jam. Namun kalau Anda hanya memanfaatkan keduanya untuk memonitor aktivitas harian biasa beserta meneruskan notifikasi, keduanya sanggup beroperasi selama lebih dari seminggu. Keduanya juga tahan air hingga kedalaman 50 meter.

Di sisi lain, Forerunner 630 didapuk sebagai arloji GPS tercanggih yang pernah Garmin buat. Kalau Anda merupakan seorang atlet lari, inilah smartwatch yang Anda inginkan. Ia memang tak dilengkapi sensor laju jantung, tapi ia bisa memonitor variabel-variabel tidak umum seperti panjang langkah, rasio vertikal, batas asam laktat, dan masih banyak lagi.

Soal harga, Forerunner 230 dibanderol $250, Forerunner 235 $330 dan Forerunner 630 seharga $400. Ketiganya akan mulai dipasarkan pada kuartal ke-4 tahun ini juga.

Sumber: Garmin 1, 2 dan Engadget.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter