Categories

Gadget

Garmin InReach Mini Memungkinkan Anda Menjangkau Dunia Luar dari Tempat Paling Terpencil

Singkatnya, InReach Mini adalah alat komunikasi ultra-portable segala medan.

Yoga Wisesa - 9 May 2018

Terlepas dari adopsi smartphone yang tinggi, tidak berarti jangkauan layanan selular sudah merata di Indonesia. Ketika pergi ke suatu daerah tertentu, kehilangan sinyal ialah kejadian yang awam. Sembari menunggu sinyal kembali (misalnya saat dalam perjalanan), mungkin kita bisa bermain game mobile atau berfoto-foto. Tapi bagaimana jika komunikasi sedang betul-betul diperlukan?

Selain fokus pada pengembangan teknologi GPS dan activity tracker, ranah komunikasi juga menjadi perhatian Garmin. Di tahun 2016, perusahaan Amerika ini mengakuisisi DeLorme. Hasil dari langkah pengambilalihan itu adalah diperkenalkannya lineup InReach, yaitu perangkat komunikasi portable dengan daya jangkau yang tak terbatas. Kali ini Garmin menyingkap versi mungil dari InReach Explorer, yakni InReach Mini.

InReach Mini adalah alat komunikasi ultra-portable segala medan. Buat saya, penampilannya seperti versi kurcaci dari feature phone tua. Di sana ada layar monokromatis transflective 23x23mm yang memungkinkan informasi tetap terlihat jelas di bawah sinar matahari dan bagian antena memanjang. Dan dengan tubuh berukuran 5,17x9,9x2,61-sentimeter serta bobot 100-gram, InReach Mini bisa mudah dimasukkan dalam kantong tanpa menambah beban Anda.

Mirip produk Garmin lain, InReach Mini telah memperoleh sertifikat anti-air. Rating-nya ialah IPX7, yang berarti kedap air hingga kedalaman 1-meter selama maksimal setengah jam. Dan dengan desain rugged dan tubuh yang diselubungi bahan karet tangguh, InReach Mini memang siap menemani Anda di beragam situasi outdoor.

 

Fitur primadona InReach Mini tentu saja adalah dukungan jaringan satelit Iridium yang memungkinkan pengguna melakukan komunikasi dua arah via pesan tertulis - meskipun di sana betul-betul tak ada jaringan seluler. Disuguhkan sebagai layanan berlangganan, Iridium menjanjikan cakupan global 100 persen, sehingga perangkat seperti Mini dan Explorer tetap dapat menjangkau dunia luar walaupun Anda sedang berada di lokasi paling terpencil sekalipun.

InReach Mini tak cuma berfungsi mengirim pesan teks saja. Ia juga dilengkapi oleh fungsi pelacakan GPS sehingga kawan-kawan sertakeluarga bisa mengetahui ke mana Anda pergi. Lalu semua produk InReach, termasuk Mini, dapat disambungkan ke smartphone, dan lewat handset, Anda bisa mengunduh peta topografi buat membantu navigasi di suatu daerah. Selain itu, perangkat memyimpan fitur SOS, sangat berguna seandainya Anda menemui masalah saat bertualang.

Garmin berencana untuk mulai memasarkan InReach Mini di bulan Juni 2018 besok, menjajakannya di harga US$ 350. Menakar dari kemampuan jangkauannya, biaya berlangganan layanan Iridium juga tidak terlalu mahal, yaitu US$ 12 per bulan.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter