Categories

Gadget

Garmin Varia Hadirkan Sistem Radar untuk Amankan Para Pesepeda

Glenn Kaonang - 3 July 2015

Harus diakui, tren fitness tracker membawa pengaruh positif terhadap motivasi konsumen dalam menjaga kebugaran tubuhnya. Tidak sedikit sekarang orang yang berangkat kerja menggunakan sepeda, namun cukup banyak juga yang mengurungkan niatnya dengan alasan keselamatan.

Bukan berarti bersepeda itu tidak aman, akan tetapi lingkungannya-lah yang seringkali terkesan brutal. Pesepeda sudah berhati-hati, akan tetapi seorang pengendara mobil bisa saja membahayakannya akibat kurangnya pencahayaan di tepi jalan.

Bermisi mengurangi angka cedera yang dialami pesepeda, Garmin memperkenalkan lini produk baru bernama Varia. Sejauh ini, Garmin Varia mencakup dua jenis produk, dan keduanya ditujukan untuk menciptakan kawasan bersepeda yang lebih aman dari sebelumnya.

Produk yang pertama adalah Varia Rearview Bike Radar. Sistem radar ini terdiri dari dua bagian: unit display yang terpasang di setang sepeda dan unit transmitter cahaya di belakang. Transmitter-nya ini bisa mendeteksi keberadaan mobil atau motor dari jarak 140 meter, lalu meningkatkan tingkat kecerahannya secara otomatis selagi ada mobil yang mendekat.

Di saat yang sama, unit display-nya bisa menampilkan informasi terkait kendaraan bermotor yang berada di dekat sang pesepeda. Peluang terjadinya kecelakaan akan ditampilkan lewat indikator LED; semakin besar peluangnya, maka warna LED pun akan berubah menjadi merah. Dengan demikian, sang pesepeda bisa segera menepi sebelum hal yang tak diinginkan terjadi.

Info menarik: Sepeda Elektrik Ford MoDe:Flex Bisa Mendeteksi Lubang di Jalanan

Produk yang kedua adalah Varia Smart Bike Lights. Lampu sepeda ini mengambil data GPS dari perangkat Garmin Edge yang kompatibel, lalu menyorotkan cahaya secara otomatis sesuai dengan kecepatan sepeda. Semakin kencang Anda melaju, semakin jauh pula sorotan cahayanya, begitu pula sebaliknya ketika Anda memelan.

Di belakang, lampu Garmin Varia dapat beroperasi dalam mode standar atau berkedip. Ketika sang pesepeda mengerem, lampu ini akan bertambah terang guna memberi peringatan pada pengendara lain di belakang. Anda juga bisa menambahkan lampu belakang ekstra untuk dijadikan lampu sein, yang arahnya bisa diatur viaremote control atau perangkat Garmin Edge yang kompatibel.

Lini produk Garmin Varia ini rencananya akan mulai dipasarkan pada kuartal ketiga tahun ini. Varia Rearview Bike Radar dibanderol seharga $300, atau $200 untuk unit transmitter-nya saja. Sedangkan Varia Smart Bike Lights akan dijual seharga $300 bersama unit remote control, atau terpisah seharga $200 untuk lampu depan saja dan $70 untuk lampu belakang saja.

Sumber: Business Wire via Pocket-lint.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter