Categories

Gadget

Garmin Perkenalkan Dua Action Cam Generasi Baru, Virb X dan Virb XE

Glenn Kaonang - 14 April 2015

Salah satu fungsi action cam adalah mengabadikan aksi menegangkan yang sangat memacu adrenalin. Dipasangkan di atas helm, action cam dapat merekam seluruh momen dari sudut pandang pertama, sehingga penonton bisa mendapatkan gambaran bagaimana ekstremnya manuver yang Anda lakukan.

Namun bagaimana jika momen tersebut bisa terasa lebih mendebarkan berkat kumpulan sejumlah informasi lain? Bukankah akan lebih asik lagi apabila penonton juga bisa mengetahui, misalnya, seberapa cepat jantung Anda berdetak saat tengah meluncur di atas snowboard dengan kecepatan 30 km/jam?

Dari gagasan itulah lahir Garmin Virb X dan Virb XE. Duo action cam baru ini ingin memberikan lebih dari sekedar video, tetapi juga data terkait sehingga Anda bisa menceritakan kembali aksi-aksi ekstrem Anda secara lebih merinci.

Info menarik: Siap Saingi GoPro, Xiaomi Rilis Yi Action Camera

Kuncinya terletak pada teknologi yang dinamai G-Metrix. Sederhananya, Virb X dan Virb XE akan memanfaatkan GPS dan sensor-sensor internalnya untuk merekam berbagai informasi, plus data dari bermacam aksesori yang bisa disambungkan via Wi-Fi, ANT+ dan Bluetooth 4.0.

Selanjutnya, Anda tinggal menambatkan informasi-informasi tersebut langsung di atas video yang Anda rekam. Seperti apa informasi yang dimaksud? Banyak.

Berapa km/jam kecepatan Anda berselancar menunggangi ombak? Dari ketinggian berapa ribu meter Anda terjun memakai wingsuit? Berapa detik Anda melayang di udara menggunakan sepeda BMX? Berapa besar torsi yang dikerahkan mobil rally tunggangan Anda? Kemungkinannya sangat luas, dan semuanya bergantung pada kreativitas Anda memadukan action cam ini dengan aksesori yang kompatibel.

Di saat yang sama, kualitas video juga tidak dilupakan begitu saja. Virb XE dapat merekam video dengan resolusi maksimal 1080p 60 fps, sedangkan Virb X dengan resolusi 1080p 30 fps – sayang belum 4K. Keduanya bisa mengambil foto 12 megapixel, dengan performa burst shooting hingga 30 gambar per detik.

Lebih lanjut, Virb XE juga menawarkan image stabilization dan Pro Mode. Sesuai namanya, fitur Pro Mode ini memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan beragam parameter, seperti white balance, profil warna, setelan ISO dan exposure compensation secara manual.

Info menarik: Update Terbaru untuk GoPro Hero4 Akan Hadirkan Fitur Slow-Mo 240 fps dalam Resolusi HD

Jika itu semua masih terasa kurang menarik, coba lirik ketangguhan fisik Virb X dan Virb XE. Duo action cam ini bisa Anda ajak menyelam hingga kedalaman 50 meter tanpa casing. Sebagai pembanding, GoPro Hero4 dengan casing standarnya cuma bisa menyelam hingga 40 meter.

Baik Garmin Virb X dan Virb XE ditenagai oleh baterai berdaya 980 mAh. Keduanya diyakini bisa beroperasi hingga 2 jam saat merekam video dengan resolusi 1080p 30 fps. Soal penyimpanan, mereka dapat menampung microSD dengan kapasitas maksimum 128 GB.

Kedua action cam generasi baru ini rencananya akan mulai dipasarkan pada musim panas tahun ini, atau sekitar bulan Juni – Juli. Garmin Virb X akan dibanderol seharga $300 (± Rp 3,9 juta), sedangkan Virb XE seharga $400 (± Rp 5,2 juta).

Sumber: Business Wire dan Garmin.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter