13 April 2017

by Glenn Kaonang

Garmin Perkenalkan Vivosmart 3, Activity Tracker Berfitur Lengkap Seharga $140

Dilengkapi heart-rate monitor, plus bisa menghitung VO2max dan gerakan repetitif dalam latihan otot

Baru saja memperkenalkan Fenix 5 untuk pasar Indonesia, Garmin sudah tancap gas dan mengungkap activity tracker baru, yakni Vivosmart 3. Dibanding Vivosmart HR+ yang dirilis tahun lalu, Vivosmart 3 lebih terjangkau selagi mengusung fitur yang cukup komplet, terkecuali GPS.

Desainnya sendiri tidak jauh-jauh dari lini Garmin Vivo sebelum-sebelumnya, dengan bodi yang lebih tipis dan material yang tetap elastis, yang secara keseluruhan tahan air hingga kedalaman 50 meter. Unik untuk Vivosmart 3 adalah yang Garmin sebut dengan istilah "hidden display", dimana layarnya hanya akan menyala saat diaktifkan viagesture atau ketika ada notifikasi masuk.

Seperti halnya mayoritas activity tracker di pasaran, Garmin Vivosmart 3 siap memonitor jumlah langkah kaki, kalori yang terbakar, jarak tempuh dan pola tidur pengguna. Vivosmart 3 kini juga telah mengemas sensor laju jantung, dan semua penghitungan ini akan berjalan secara otomatis tanpa perlu Anda aktifkan secara manual.

Namun yang baru dari Vivosmart 3 adalah kemampuan untuk mengestimasikan konsumsi oksigen selama latihan, atau yang lebih dikenal dengan istilah VO2 max. Buat yang gemar latihan otot, Vivosmart 3 juga sudah bisa merekam dan menghitung gerakan repetitif.

Saat pengguna tidak sedang beraktivitas, Vivosmart 3 akan memonitor variabilitas laju jantung guna mengalkulasi kadar stresnya. Kalau ternyata kadar stresnya cukup tinggi, perangkat bakal menganjurkan pengguna untuk melakukan latihan pernafasan supaya ia bisa lebih rileks.

Selebihnya, selain bisa dipakai untuk meneruskan notifikasi, Vivosmart 3 juga dapat digunakan untuk mengontrol jalannya musik pada ponsel atau bahkan mengendalikan action cam Garmin Virb. Perangkat ini sekarang sudah dipasarkan seharga $140, dan tersedia dalam warna hitam atau ungu.

Sumber: Business Wire.