16 May 2013

by Iqbal Farabi

Gartner: Android Kuasai Hampir 75% Pasar Smartphone

Sebagaimana kuartal-kuartal sebelumnya, Gartner kembali merilis laporan penjualan produk ponsel untuk kuartal pertama  tahun 2013 lalu. Highlight utama dari laporan terbaru Gartner ini adalah semakin kukuhnya dominasi sistem operasi Android di ranah sistem operasi mobile dengan menguasai hampir 75% pangsa pasar. Mari kita simak detilnya berikut ini.

Berdasarkan produsen, Samsung masih memuncaki daftar produsen ponsel (baik untuk ponsel pintar maupun feature phone) dengan penjualan terbesar  selama kuartal 1 2013 lalu. Sementara di tempat kedua, Nokia masih bertahan meskipun semakin mengalami penurunan jumlah penjualan jika dibandingkan dengan angka penjualan di kuartal yang sama pada tahun 2012. Apple, LG, dan ZTE melengkapi daftar 5 besar produsen ponsel dengan penjualan terbanyak ini. Berikut adalah daftar lengkapnya.

Sementara jika hanya menghitung angka penjualan ponsel pintar saja, komposisi ini berubah cukup signifikan. Nokia, yang sebagian besar angka penjualannya didorong oleh produk feature phone, terlempar dari posisi lima besar. Samsung, Apple, LG, Huawei, dan ZTE berturut-turut mengisi posisi 5 besar.

Imbasnya, pangsa pasar sistem operasi mobile semakin kukuh dipegang oleh Android yang pada Q1 2013 ini menguasai 74,4% pangsa pasar sistem operasi mobile di dunia. Angka ini meningkat cukup besar dari Q1 2012 ketika Android hanya menguasai 56,9% pangsa pasar. iOS, meskipun mengalami peningkatan angka penjualan, berkurang pangsa pasarnya dari 22,5% pada tahun lalu menjadi 18,2% pada tahun ini. Sedangkan BlackBerry masih bertahan di posisi ketiga meskipun sudah semakin tipis pangsa pasarnya dengan Windows Phone.

Untuk melihat laporan lengkap dari Gartner, Anda bisa mengunjungi tautan ini.

 

[gambar via]