Categories

Gadget

Gartner: Covid-19 Membuat Penjualan Smartphone Global Turun 20,2 Persen

Huawei, Samsung, dan OPPO mengalami penurunan paling besar

Lukman Azis - 3 June 2020

Menurut laporan dari lembaga riset Gartner, tercatat bahwa angka penjualan smartphone secara global pada kuartal pertama 2020 mengalami penurunan 20,2 persen bila dibandingkan pada kuartal yang sama tahun lalu. Total unit smartphone yang terjual sebanyak 299 juta unit dan sebagai pembanding kuartal pertama tahun lalu mencapai 375 juta unit.

Kenapa bisa anjlok? Penyebabnya adalah karena pandemi covid-19. Seperti yang kita ketahui, virus covid-19 ini muncul di Wuhan, China pada bulan Desember 2019 yang mana membuat banyak manufaktur di China berhenti beroperasi. Pandemi covid-19 juga berdampak pada ekonomi global yang berakibat pada turunnya permintaan akan smartphone.

Adapun lima besar vendor smartphone teratas adalah Samsung yang masih mempertahankan posisi puncak dengan penjualan 55 juta unit, Huawei 42 juta unit, Apple 40 juta unit, Xiaomi 27 juta unit, dan OPPO dengan 23 juta unit. Huawei diikuti Samsung dan OPPO adalah tiga vendor yang mengalami penurunan paling signifikan, masing-masing 27,3 persen, 22,7 persen, dan 19,1 persen.

Selain karena covid-19, penurunan penjualan smartphone Huawei juga dikarenakan putusnya hubungan Huawei dan Google. Di mana smartphone Huawei tidak didukung oleh Google Mobile Service sehingga tidak bisa mengakses toko aplikasi Play Store dan menggunakan Huawei Mobile Service sebagai gantinya.

Sementara, Apple mengalami penurunan lebih rendah yaitu 8,2 persen. Sebaliknya, Xiaomi menjadi satu-satunya yang mengalami peningkatan penjualan sebesar 1,4 persen pada kuartal pertama 2020 dibanding periode yang sama tahun lalu. Pencapaian ini karena penjualan smartphone Redmi terbilang tinggi di pasar internasional dan strategi pemasaran online yang dilakukan Xiaomi secara agresif.

Sumber: GSMArena

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter