20 September 2013

by Iqbal Farabi

Gartner: Jumlah Unduhan Aplikasi Mobile Akan Mencapai Angka 102 Miliar pada 2013

Pembaca setia Trenologi tentu tidak asing lagi dengan Gartner. Perusahaan analis pangsa pasar ini sudah cukup sering kami kutip laporannya di Trenologi. Nah, berbeda dengan laporan Gartner yang biasa kami kutip, topik laporan Gartner kali ini tidak membahas pangsa pasar perangkat elektronik. Kali ini Gartner mengulas mengenai pasar aplikasi mobile.

Dalam laporan terbarunya, Gartner memprediksikan bahwa total unduhan aplikasi mobile selama tahun 2013 akan mencapai angka 102 miliar unduhan. Angka ini naik hampir dua kali lipat dari angka total unduhan aplikasi mobile pada 2012 yang hanya sebesar 64 miliar unduhan.

Sementara secara finansial, diperkirakan bahwa total pendapatan aplikasi mobile tahun ini akan mencapai angka $26 miliar, juga naik dari $18 miliar pada 2012. Dari total $26 miliar tersebut, sebanyak 17% berasal dari in app purchase (IAP). Sisanya didapat dari pembayaran aplikasi berbayar. Unduhan aplikasi berbayar sendiri jumlahnya diprediksi hanya sebesar 9% dari total unduhan aplikasi mobile pada tahun 2013.

Berdasarkan sistem operasi, iOS dan Android masih mendominasi total jumlah unduhan aplikasi mobile. Tidak kurang dari 90% angka unduhan aplikasi mobile tahun 2013 berasal dari dua raksasa sistem operasi mobile ini. Rata-rata setiap satu perangkat iOS mengunduh 4,9 aplikasi selama 2013, sementara perangkat Android mengunduh 6,2 aplikasi.

Prediksi lengkap Gartner bisa dilihat pada tabel berikut atau di situs Gartner pada tautan ini.

 

[gambar via]